Rahasia Terungkap! 333 Ribu Penerima Rice Cooker Gratis Desember 2023

Rahasia Terungkap! 333 Ribu Penerima Rice Cooker Gratis Desember 2023
Rahasia Terungkap! 333 Ribu Penerima Rice Cooker Gratis Desember 2023

“Kami tidak memihak merek A, B, C. Semuanya bergantung pada e-katalog, ada proses dan seleksi yang dilakukan. Tanyakan kepada LKPP mengenai prosesnya. Seperti mobil dinas, itu juga masuk ke dalam e-katalog. Jadi, prosesnya adalah melalui e-katalog dan seleksi LKPP, termasuk mengenai tingkat komponen dalam negeri (TKDN), layanan purna jual, dan hal lainnya,” ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, pada hari Jumat (3/11).

Di lain pihak, Daniel Suhardiman, Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel), mengungkapkan bahwa setidaknya ada empat perusahaan yang akan mengikuti tender pengadaan rice cooker tersebut.

Bacaan Lainnya

“Belum semuanya dikonfirmasi, namun kemungkinan Sanken, Maspion, Cosmos, dan Polytron akan berpartisipasi. Mengenai merek lainnya, informasi yang saya terima masih belum ada,” ungkap Daniel pada hari Selasa (24/10).

Tantangan dan Progres Distribusi Rice Cooker Gratis oleh Kementerian ESDM

Dalam langkah terbarunya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah berhasil mengumpulkan data sebanyak 333 ribu calon penerima alat masak berbasis listrik (AML) secara gratis. Meskipun capaian ini signifikan, kementerian masih harus menentukan perusahaan penyedia setelah proses tender yang tengah berlangsung.

Proses distribusi ini telah menghadapi sejumlah tantangan, termasuk penyesuaian anggaran dengan Kementerian Keuangan dan seleksi ketat melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Meski demikian, harapan tetap terpancar untuk memastikan program ini berjalan lancar dan manfaatnya dapat segera dinikmati oleh masyarakat pada waktunya.