Terobosan Mengejutkan! Asean Caucus dan Kekuatan Baru di APEC

Terobosan Mengejutkan! Asean Caucus dan Kekuatan Baru di APEC
Terobosan Mengejutkan! Asean Caucus dan Kekuatan Baru di APEC

MEMO

Presiden Jokowi menyoroti pentingnya Asean Caucus sebagai kekuatan baru yang menegaskan sentralitas Asean dalam KTT APEC 2023 di San Francisco. Beliau menekankan stabilitas kawasan sebagai aset utama yang dapat meningkatkan pengaruh suara Asia Tenggara di panggung global, termasuk dalam forum APEC.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi Soroti Sentralitas Asean dan Rencana APEC 2023

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Asean memiliki kekuatan yang signifikan yang memungkinkan pengaruhnya terdengar di berbagai forum internasional, termasuk KTT APEC 2023. Kekuatan baru tersebut adalah Asean Caucus yang dibentuk untuk memperkuat peran sentral Asean dalam KTT APEC 2023 di San Francisco, Amerika Serikat.

Selain itu, kekuatan lain yang dimiliki adalah stabilitas kawasan yang senantiasa terjaga. Menurut Jokowi, stabilitas ini akan memperkuat suara negara-negara Asia Tenggara di panggung dunia, termasuk dalam forum APEC.

Dalam pernyataannya yang dikutip dari keterangan resmi pada Rabu (15/11), Jokowi mengatakan, “Stabilitas kawasan yang senantiasa terjaga juga merupakan kekuatan. Hal ini merupakan aset penting yang memungkinkan suara Asean dapat terdengar lebih jelas di berbagai forum, termasuk di APEC.”

Asean Caucus memiliki tiga fokus utama yang ingin dicapai. Pertama, percepatan transisi energi, di mana negara-negara Asean sepakat untuk menjadi pusat industri kendaraan listrik yang berskala global.

Kedua, pencapaian netralitas karbon. Presiden Jokowi menekankan pentingnya fokus ini agar pertumbuhan ekonomi Asean tetap sejalan dengan komitmen dalam menjaga lingkungan.

Pos terkait