Panglima TNI Beberkan Rahasia Mengejutkan tentang Impunitas Prajurit!

Panglima TNI Beberkan Rahasia Mengejutkan tentang Impunitas Prajurit!
Panglima TNI Beberkan Rahasia Mengejutkan tentang Impunitas Prajurit!

MEMO

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, menegaskan perlunya ketenangan dalam penanganan tindak pidana yang melibatkan prajurit di peradilan militer terkait dengan kasus dugaan korupsi di Basarnas. Ia menolak anggapan bahwa peradilan militer memberikan kekebalan bagi prajurit dan menantang pihak-pihak yang menyebutkan hal tersebut untuk membuktikan pernyataannya.

Bacaan Lainnya

Panglima TNI berkomitmen untuk mentaati hukum dan menyatakan bahwa TNI tidak akan mendapatkan imunitas jika ada anggota yang bersalah.

Kasus Dugaan Korupsi Basarnas: TNI Tidak Akan Diberi Kekebalan

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, mengajak masyarakat untuk tenang dalam penanganan tindak pidana yang melibatkan prajurit di peradilan militer. Hal ini terkait dengan kasus dugaan korupsi di Basarnas yang melibatkan dua anggota TNI.

Yudo menantang pihak-pihak yang menyebutkan bahwa peradilan militer memberikan kekebalan bagi prajurit untuk membuktikan pernyataan mereka. Menurutnya, sejauh ini terdapat kesalahpahaman bahwa TNI akan mendapatkan imunitas jika masuk ke peradilan militer, padahal hal tersebut tidaklah benar.

“Saya lihat dari pembicaraan selama ini seolah-olah TNI kalau salah masuk peradilan militer ada imunitas, tidak ada,” kata Yudo saat membuka Panglima TNI Cup 2023, di Mabes TNI, Jakarta Timur, Jumat (4/8).

Yudo menambahkan, jika ada anggota TNI yang melakukan kesalahan, maka akan dilakukan penyidikan dan hukuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ia menegaskan bahwa tidak ada kekebalan bagi prajurit yang bersalah.

Dalam penanganan tindak pidana oleh prajurit, Yudo menjelaskan bahwa pihaknya mengacu pada UU No 31 tahun 1997 tentang Peradilan Militer. Jika ada keinginan untuk mengubah peraturan tersebut, Yudo menyatakan bahwa TNI akan tunduk pada keputusan pemerintah.

Panglima TNI Minta Masyarakat Tidak Khawatir, Prajurit Akan Ditindak Tegas

“Kita tunduk pada hukum. Kalau mau diubah dan sebagainya kita tunduk pada keputusan politik negara. Kita kan melaksanakan ini, ini adalah keputusan politik negara, ya kita laksanakan,” ungkapnya.

Pos terkait