Hati Hati dengan Waktu Sholat Dhuha, Ada Waktu Yang Dianjurkan dan Waktu Yang Dilarang

  • Whatsapp

Memo.co.id |

Kapan waktu sholat dhuha harus diamalkan ? Pastinya, waktu pagi hari setelah matahari terbit, hingga matahi menjelang tergelincir. Lantas, apa yang dimaksud dengan waktu diantara keduanya itu ? Yaitu setelah matahari terbit hingga sebelum matahari tergelincir. Terus, bagaimana, jika sejak subuh hingga sore, matahari tertutup oleh mendung yang terus terus menggelayuti langit Indonesia ?

Bacaan Lainnya

Dalam sebuah kitab Maraqil Falah, Syekh Hasan bin ‘Ammar, menjelaskan sholat dhuha adalah waktu yang dimulai dari naiknya matahari hingga sebelum matahari tergelincir. Syekh Muhammad bin Abdullah Al-Kharasyi Al-Maliki dalam Syarh Mukhtashar Khalil, mengungkapkan ada tiga waktu antara terbitnya matahari hingga tergelincirnya matahari yakni, saat matahari terbit menuju perjalanan naik.

Ini waktu pertama, dari penjelasan Syekh Muhammad bin Abdullah Al-Kharasyi Al-Maliki. Kitab itu menjelaskan dengan definisi Dhohwah. Artinya, ketika matahari terbit hingga matahari naik ke atas.

Kedua, kitab itu menjelaskan, waktu sholat dhuha dengan istilah Duha. Duha dalam penjelasannya, matahari naik hingga tepat di atas langit. Ketiga adalah Dhaha, yaitu dimulai sejak habis dhuha hingga tergelincir matahari. Itulah hal hal yang perlu diketahui perihal waktu waktu, sholat dhuha dikerjakan. Kapan melakukan sholat waktu dhuha, harus diketahui oleh ummat muslim, mengingat, di balik waktu dhuha, ada fadilah dan kekuasaan Allah yang turun di waktu waktu tersebut.

loading…

Itulah , bagaimana ummat muslim harus mengetahui kapan waktu sholat dhuha. Pasalnya, ada juga waktu waktu tertentu, dimana ummat muslim dilarang menjalankan sholat dhuha tersebut. Beberapa waktu sholat dhuha yang menjadi larangan untuk dilaksanakan, diantaranya adalah setelah sholat subuh hingga matahari naik satu anak panah.

Selain itu, waktu di saat matahari ada dalam posisi tepat di atas kepala hingga waktu dzuhur tiba. Definisi ini, mengartikan bahwa sebelum sholat dhuhur tiba, tapi matahari berada di atas kepala kita. Selain itu, juga ketika matahari berwarna kekuning kuningan( setelah waktu sholat Ashar hingga matahari terbenam. Begitulah syariat Islam mengatur kapan sholat bisa dilakukan, khsusnya sholat dhuha.

Sebagainmana diketahui, fadhilah dan keutamaan sholat Dhuha adalah dosa dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Dosa dosa masa lalu, akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT, jika seseorang rutin mengerjakan sholat Dhuha di saaat wakjtu yang sangat tepat, sebagaimana terurai dalam kitab yang dijadikan rujukan ulama ulama besar tersebut.

Nabi Muhammad menjelaskan, “Siapa yang membiasakan diri (untuk menjaga) sholat duha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (H.R. At-Tirmizi). ( fida )

Pos terkait