Tiga Pilar Yang Harus Dipegang Untuk Menentukan Konsep Kawasan Desa Wisata

Konsep Kawasan Desa Wisata

Tiga pilar utama yang harus dipegang teguh dalam menentukan konsep kawasan desa wisata, diantaranya; yakni menguntungkan secara ekonomi, terciptanya harmoni sosial, tetapi tetap menjaga kelestarian hidup dan budaya.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Wilayah (DPRD Jawa timur) – Daniel Rohi menyebutkan, jika Raperda Pemberdayaan Desa Wisata berencana digagas untuk tingkatkan aktivitas ekonomi warga Dusun dan wilayah, lewat performa bidang ekonomi kreatif terutamanya di bagian kepariwisataan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dikatakan Daniel Rohi di saat Rapat Pleno, Laporan Pimpinan Komisi B pada Raperda mengenai Desa Wisata, di Gedung DPRD Jawa timur, Senin (20/6/2022).

“Khususnya untuk buka lapangan pekerjaan berbagai unit usaha micro, ultra micro, yang bisa dilaksanakan di tingkat rumah tangga, diantaranya berbentuk usaha kulineran, angkutan lokal, kerajinan souvenir, dan pertunjukan seni budaya,” katanya.

Menurut dia, beberapa wilayah aKabupaten Kota di Jawa Timur, berpotensi layak wisata. Terhampar dimulai dari daerah perairan, dan pegunungan.Komisi B bahkan juga lakukan studi banding ke Propinsi lain, yang semuanya memiliki pendapat jika Jawa timur berpotensi wisata yang semakin besar dan bermacam.

Pos terkait