Kemuliaan dan Keutamaan Hari Tasyrik, Ini Amalan dan Dzikir Yang Dianjurkan Dibaca

Memo.co.id |

Hari tasyrik merupakan tiga hari setelah hari raya Idul Adha, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah dalam penanggalan kalender Hijriyah. Kemuliaan dan keutamaan hari tasyrik, ini amalan dan dzikir yang dianjurkan untuk dibaca

Read More

Hari-hari tersebut memiliki kemuliaan dan keutamaan, yaitu disebutkan sebagai hari yang paling mulia di sisi Allah selain hari Idul Adha, sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud.

Kaum muslim dianjurkan untuk banyak berdzikir mengingat Allah pada hari-hari tasyrik. Terdapat beberapa amalan dan dzikir yang dianjurkan untuk dibaca pada hari tersebut, di antaranya:

1. Takbir

Dzikir dengan cara bertakbir setelah menunaikan sholat wajib. Dzikir ini disyariatkan untuk dilakukan hingga akhir hari tasyrik menurut pendapat mayoritas ulama, sebagaimana juga diriwayatkan dalam berbagai hadits.

2. Basmalah dan takbir saat menyembelih kurban

Kurban merupakan salah satu amalan sunnah terutama bagi umat Islam yang mampu. Terdapat berbagai ketentuan dalam memilih hewan yang akan dikurbankan, di antaranya adalah berkualitas baik, tidak sakit, tidak cacat, cukup umur.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 8 Jalan Rezeki Menurut Keterangan Alquran

Pendapat mayoritas ulama adalah bahwa disyariatkan membaca basmalah dan takbir ketika menyembelih hewan kurban.

Menurut Imam Syafi’i, waktu menyembelih kurban adalah pada hari Idul Adha hingga akhir tasyrik, yaitu 13 Dzulhijjah.

Sedangkan mayoritas sahabat dan ulama seperti Imam Ahmad, Imam Malik, Imam Abu Hanifah serta kebanyakan ulama berpendapat bahwa hari menyembelih kurban  hanya tiga hari yaitu pada hari Idul Adha dan dua hari tasyrik setelahnya yaitu 11 dan 12 Dzulhijjah.

Related posts

Post ADS 1