Istiqomah Baca Surat Ini Hingga Ajal Menjemput, Allah Ampuni Semua Dosa dan Melunasi Hutangnya

  • Whatsapp
Barangsiapa ruhnya sudah terpisah dari jasad, adapun ia terbebas dari tiga perkara, maka ia akan masuk surga. Yaitu terbebas dari sombong, khianat, dan hutang
banner 468x60

Memo.co.id |

Soal amal kebajikan dan ibadah orang yang meninggal dunia , Rasulullah tidak mengenal kompromi terhadap masalah hutang. Sebab, jiwa yang ada pada setiap muslim tergantung pada hutang. Jika seorang muslim tidak berhutang dan hutangnya sudah lunas, maka , jiwa yang telah mati itu, akan mudah dihisabnya. Dihisab dalam amaliyah, artinya dicatat oleh Allah sebagai kebaikan yang dilakukan selama di dunia.

Bacaan Lainnya

banner 300x250

Jangankan, seorang muslim mengandalkan amalan ibadah sholat, puasa maupun umrah dan haji berkali kali, jika masih meninggalkan hutang, maka Allah SWT tidak akan menerima jasatnya. Barangsiapa ruhnya sudah terpisah dari jasad, adapun ia terbebas dari tiga perkara, maka ia akan masuk surga. Yaitu terbebas dari sombong, khianat, dan utang (HR. Ibnu Majah, no. 2412)

Beberapa hadist ini, mengisaratkan bagaimana berhutang, menjadi masalah serius hingga Nabi Muhammad SAW saja, pernah tidak mau menjadi imam sholat terhadap mayat yang masih memiliki dan meninggalkan hutang. Hadis hadit tersebut, dinyatakan hadit soheh dan dijadikan rujukan semua alim ulama, dalam menjalankan dakwahnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60