Example floating
Example floating
Abata

Hukum Orang Yang Membantu Orang Lain Untuk Berbuat Dosa

×

Hukum Orang Yang Membantu Orang Lain Untuk Berbuat Dosa

Sebarkan artikel ini
Hukum Orang Yang Membantu Orang Lain Untuk Berbuat Dosa
Example 468x60

Memo.co.id  |Hukum Orang Yang Membantu Orang Lain Untuk Berbuat Dosa |  — Saling membantu orang lain adalah perbuatan yang baik dan sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Namun bila memberikan bantuan kepada orang lain yang ingin melakukan perbuatan dosa atau maksiat, Alquran melarang perbuatan tersebut.

Hal ini dijelaskan dalam Surah An-Nisa’ Ayat 85 dan tafsirnya.

Example 300x600

مَنْ يَّشْفَعْ شَفَاعَةً حَسَنَةً يَّكُنْ لَّهٗ نَصِيْبٌ مِّنْهَا ۚ وَمَنْ يَّشْفَعْ شَفَاعَةً سَيِّئَةً يَّكُنْ لَّهٗ كِفْلٌ مِّنْهَا ۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ مُّقِيْتًا

Barangsiapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang baik, niscaya dia akan memperoleh bagian dari (pahalanya). Dan barangsiapa memberi pertolongan dengan pertolongan yang buruk, niscaya dia akan memikul bagian dari (dosanya). Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS An-Nisa’: 85)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan, syafaat adalah bantuan seseorang kepada orang lain dalam suatu hal. Syafaat berbentuk dua macam. Pertama, yang berbentuk kebajikan yaitu yang dipandang baik oleh agama. Kedua, berbentuk kejahatan yaitu yang dipandang buruk oleh agama.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.