Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, berpesan kepada pelaku UKM untuk terus meningkatgkan diri dalam hal teknik marketing, terutama marketing digital. Ini era digital, bahkan ke depan, digitalisasi semua sektor semakin kuat. Sehingga, pelaku UKM harus menerapkan strategi marketing digital.
” Saya ingatkan bagi semua pelaku UKM, jika tidak mengggunakan strategi marketing digital, Anda akan ketinggalan kereta. Digitalisasi UKM suatu keharusan,” kata Menteri KOperasi dan UKM Puspayoga, dalams realeasenya, 20 Oktober 2016 kemarin.
Menurutnya, dengan pemasaran via digital diyakini akan meningkatkan penjualan produk UKM, juga dapat meningkatkan produktivitas UKM.
Sebagai upaya mendorong UKM berbasis digital, kementeriannya melakukan kerjasama dengan PT
Telkom untuk pengadaan Kampung UKM digital.
Kemenkop dam UKM memberikan sejumlah kemudahan kepada pelaku UMKM mulai dari penyerahan Izin Usaha Menengah Kecil (IUMK), Nomor Induk Koperasi (NIK), Akta Koperasi, Hak Cipta sampai penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI, Bank Mandiri dan BNI.
Jika, implementasi dapat optimal, menurut Puspayoga tantangan selanjutnya adalah konsistensi kualitas produk.
“Tantangan UKM digital selanjutnya adalah bagaimana bisa menjaga kontinuitas dan kualitas produk. Kalau ini bisa dilewati, maka UKM tersebut akan sukses dan cepat berkembang,” ujarnya.(nu)