Ini Dia Rahasia Besar Potensi Ekonomi Digital Indonesia!

Ini Dia Rahasia Besar Potensi Ekonomi Digital Indonesia!
Ini Dia Rahasia Besar Potensi Ekonomi Digital Indonesia!

MEMO

Potensi Ekonomi Digital Indonesia sebagai Yang Terbesar di Asia Tenggara: Proyeksi Mencapai USD146 Miliar pada 2025 dan Pertumbuhan Delapan Kali Lipat pada 2030.

Bacaan Lainnya

Proyeksi USD146 Miliar Ekonomi Digital Indonesia di 2025!

Potensi ekonomi digital di Indonesia tengah mengalami perkembangan pesat dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Diperkirakan pada tahun 2025, ekonomi digital Indonesia akan mencapai USD146 miliar dan bahkan meningkat delapan kali lipat pada tahun 2030.

Namun, meskipun pertumbuhan layanan keuangan digital diharapkan terus berlanjut, masih ada beberapa kendala yang perlu diatasi secara bersama-sama melalui kolaborasi antara regulator dan pelaku industri.

Hasil riset dari Microsoft dan International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa 46% masyarakat Indonesia masih belum percaya dengan layanan digital. Kepercayaan dari pelanggan sangat penting untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang aman dan nyaman.

Untuk membangun kepercayaan tersebut, teknologi digital identity memiliki peranan kunci dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, menurut Dickie Widjaja, Wakil Sekretaris Jenderal I Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) saat berbicara dalam acara Fintech Talk bersama PT Indonesia Digital Identity (VIDA) di Jakarta.

Dalam industri keuangan digital, digital identity menjadi dasar untuk kemajuan dan pertumbuhan. Eko Rizanoordibyo, Analis Eksekutif Direktorat Inovasi Keuangan Digital Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menjelaskan bahwa digital identity merujuk pada informasi yang digunakan sebagai kredensial elektronik pembuktian identitas legal.

Selain memberikan kepercayaan dan keamanan, digital identity juga melindungi identitas pengguna dan memungkinkan layanan keuangan yang aman, efisien, dan inklusif.

Salah satu bentuk digital identity yang memiliki manfaat besar dalam mencegah fraud dan berdampak pada perkembangan bisnis adalah tanda tangan digital.

Tanda tangan digital dapat mengautentikasi identitas penandatangan dan memastikan integritas dokumen atau transaksi yang ditandatangani.

Pos terkait