Revitalisasi Energi Hijau Indonesia: PLN Buka Langkah Baru!

Revitalisasi Energi Hijau Indonesia: PLN Buka Langkah Baru!
Revitalisasi Energi Hijau Indonesia: PLN Buka Langkah Baru!

Dalam strategi jangka pendek, PLN berencana untuk membangun Hydrogen Refuelling Station di Senayan, Jakarta. “Insya Allah, pada bulan Januari, 1 Hydrogen Refuelling Station (HRS) akan beroperasi di Senayan,” kata Edwin.

Sebagai langkah selanjutnya, PLN berencana agar pembangkit listrik perusahaan di berbagai lokasi juga dapat berkontribusi dalam produksi hidrogen hijau. Sebagai contoh, PLTU batu bara di Sulawesi dapat menghasilkan hidrogen yang dikombinasikan dengan PLTS dan Renewable Energy Certificate (REC) untuk memproduksi hidrogen hijau.

Bacaan Lainnya

“Ada beberapa lokasi seperti itu, seperti di Sulawesi ada PLTU batu bara, juga PLTGU-PLTGU di seluruh Indonesia. Ini memungkinkan kita untuk tidak hanya membangun di Jawa atau Sumatera, tetapi juga di Kalimantan dan Sulawesi,” ujar Edwin.

PLN Percepat Revolusi Energi Bersih dengan 21 Green Hydrogen Plants

Dengan 21 unit GHP yang telah diresmikan, PT PLN berhasil meningkatkan produksi hidrogen hijau menjadi 199 ton per tahun, menggandakan dari sebelumnya hanya 51 ton. Hidrogen ini tidak hanya memenuhi kebutuhan operasional pembangkit, tetapi juga digunakan untuk menggerakkan kendaraan, mempercepat langkah menuju transportasi berkelanjutan.

Sebagai langkah strategis berikutnya, PLN berencana membangun Hydrogen Refuelling Station (HRS) di Senayan, Jakarta, yang diharapkan beroperasi pada bulan Januari mendatang. Dengan demikian, PLN membuka peluang bagi pembangkit listrik di seluruh Indonesia untuk turut serta dalam produksi hidrogen hijau, mendukung visi bersama menciptakan masa depan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.