Misteri Puasa Asyura di Bulan Muharram: Berhasilkah Menghapus Dosa?

MEMO

Puasa Asyura dalam Bulan Muharram: Keutamaan, Tanggal Puasa 10 Muharram 2023, dan Tata Cara Berpuasa

Bacaan Lainnya

Dalam tradisi agama Islam, puasa Asyura pada bulan Muharram menjadi amalan sunnah yang sangat dihormati. Puasa ini berdasarkan riwayat hadits yang mencatatkan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya.

Keutamaan puasa di bulan Muharram juga telah dijelaskan dalam beberapa hadits yang menyebutkan manfaat spiritual bagi umat Muslim. Untuk tahun 2023, puasa 10 Muharram diperkirakan jatuh pada tanggal 28 Juli.

Sebagai bagian dari tradisi puasa sunnah, puasa Asyura dapat membawa berkah dan menghapus dosa selama setahun yang lalu. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang keutamaan puasa Asyura, tanggal puasa 10 Muharram 2023, dan tata cara melaksanakannya

Keutamaan dan Tanggal Puasa 10 Muharram 2023 dalam Kalender Hijriah

Salah satu tradisi yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW pada bulan Muharram adalah puasa Asyura. Puasa ini dilakukan setiap tanggal 10 Muharram dalam kalender Hijriah. Jika mengacu pada kalender Masehi, puasa 10 Muharram 2023 jatuh pada tanggal 28 Juli 2023.

Asas dari amalan sunnah ini berasal dari salah satu riwayat hadits yang diceritakan oleh Hafshah bin Umar bin Khattab RA. Puasa Asyura dianggap sebagai amalan yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Dari Hafshah RA, dia berkata, “Ada empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW, yaitu puasa Asyura, puasa sepuluh hari di bulan Zulhijah, puasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat sebelum Subuh.” (HR Ahmad dan An Nasa’i)

Selain itu, Rasulullah SAW juga pernah menyebutkan keutamaan puasa di bulan Muharram dalam salah satu hadits yang diriwayatkan dengan sanad shahih. Bunyi haditsnya adalah,

“Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadan adalah puasa di bulan Muharram, dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam.” (HR Muslim)

Dalam kitab al-Musnad, juga dijelaskan bahwa orang yang berpuasa di bulan Muharram dapat mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Hadits ini dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib yang mengutip sabda Rasulullah SAW,

Pos terkait