Kenapa Melepas Sepatu di Pesawat Bisa Menyimpan Ancaman Kesehatan?

Kenapa Melepas Sepatu di Pesawat Bisa Menyimpan Ancaman Kesehatan?
Kenapa Melepas Sepatu di Pesawat Bisa Menyimpan Ancaman Kesehatan?

MEMO

Menurut penelitian, kebiasaan melepas sepatu di pesawat dapat meningkatkan risiko paparan bakteri dan virus, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Dalam kondisi kabin yang mungkin kurang bersih, tindakan ini dapat menjadi sumber infeksi yang serius.

Bacaan Lainnya

Namun, meskipun pandemi telah memengaruhi protokol pembersihan, ada kekhawatiran bahwa kebiasaan lama akan kembali saat perjalanan udara kembali normal.

Melepas Sepatu di Pesawat Bisa Berbahaya untuk Kesehatan

Jika Anda suka melepaskan sepatu ketika naik pesawat, ada baiknya untuk mempertimbangkan kembali kebiasaan tersebut. Ternyata, melepas sepatu di dalam pesawat dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan Anda.

Ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak melepas sepatu saat berada di dalam penerbangan. Salah satunya adalah kondisi kabin pesawat yang tidak selalu bersih.

Meskipun udara di dalam pesawat difilter dan disirkulasikan, permukaan lainnya tidak selalu mendapatkan perawatan yang sama.

Menurut pilot Patrick Smith dari Ask the Pilot yang diwawancarai oleh Travel + Leisure, meskipun kabin biasanya dibersihkan sebelum setiap penerbangan, pembersihannya seringkali dilakukan dengan cepat terutama jika waktu yang tersedia terbatas.

Artinya, pembersihan kabin bisa saja hanya sebatas membuang sampah yang tertinggal di saku kursi atau mengelap permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu toilet.

Meskipun pesawat melakukan pembersihan mendalam, frekuensinya tidak terlalu sering. Biasanya pembersihan mendalam dilakukan setiap empat hingga enam minggu sekali, tergantung pada kebijakan maskapai penerbangan.

Mengapa Melepas Sepatu di Pesawat Harus Dihindari?

Selain itu, karpet pesawat biasanya hanya disedot jika memungkinkan, dan daerah-daerah tertentu dibersihkan hanya jika diperlukan. Ketika terjadi tumpahan makanan atau minuman, kru pembersih hanya akan menghilangkan noda tanpa mendisinfeksi seluruh area.

Dengan demikian, berjalan tanpa alas kaki di kabin yang mungkin tidak begitu bersih dapat meningkatkan risiko terinfeksi bakteri dan virus yang dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Pos terkait