Ini Kekayaan Bupati Nganjuk Novi Rahman, Terancam Disita Negara

  • Whatsapp
Kekayaan Bupati Nganjuk Novi Rahman, Terancam Disita KPK
Kekayaan Bupati Nganjuk Novi Rahman, Terancam Disita KPK

Nganjuk, Memo |

Kekayaan Bupati Nganjuk terancam disita KPK, bila dari hasil penyelidikan dan penyidikan KPK, ada asal usul terkait kasus dugaan korupsi yang ditangani penyidik. Neski belum diperoleh kasus apa saja yang akan ditangani KPK dan Polri, namun diperoleh kepastian, OTT Bupati Nganjuk terkait jual beli jabatan.

Bacaan Lainnya

Bukan tidak mungkin, penyidik akan mengangkat kasus lain, di luar kasus OTT BUpati Nganjuk yang diduga terkait jual beli jabatan. Apalagi, OTT ( operasi tangkap tangan ) ini, melibatkan dua institusi. Bareskrim Polri dan KPK. Tentu saja, banyak spekulasi bersliweran, terhadap kasus kasus yang melibatkan Bupati Nganjuk dan jajarannya.

Kekayaan Bupati Nganjuk Yang Tercatat di Laman Resmi KPK, Rp. 116 Milyar

Menilik laman resmi elhkpn.kpk.go.id, Novi Rahman Hidayat terakhir kali melaporkan harta kekayaannya sebagai Bupati Nganjuk pada 27 April 2020. Pelaporannya itu untuk periodik 2019. Saat itu, ia tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp116.897.534.669 (Rp116 miliar).

Harta Berupa Tanah Dimana mana

Harta kekayaan Novi Rahman didominasi aset berupa tanah di sejumlah wilayah di Jawa Timur dan daerah lainnya. Aset tanah Novi Rahman tersebar di Nganjuk, Kediri, Jombang, Karawang, Kota Malang, Mojokerto, Tangerang, Jakarta Selatan, Surabaya, serta Kotawaringin Timur.

Berdasarkan laporan harta kekayaan Novi Rahman, ada 32 aset berupa tanah yang tersebar di sejumlah daerah tersebut. Total 32 aset tanah Novi Rahman tersebut, jika ditotal keseluruhan senilai Rp58,6 miliar.

Yang Dilaporkan ke KPK, 3 Mobil

Tak hanya tanah, Novi Rahman juga tercatat memiliki kendaraan berupa tiga unit mobil. Tiga unit mobil tersebut yakni, Toyota Harrier 2,4 L 2WD AT Tahun 2005; Suzuki SJ 410 Katana Tahun 2006; serta Toyota Hiace Commuter Hiace 2,5 MT Tahun 2011. Total mobil Novi Rahman jika diuangkan yakni, Rp764 juta.

loading…

Harta Berupa Surat Berharga Milyaran

Novi juga tercatat juga memiliki harta bergerak lainnya Rp1,2 miliar. Kemudian, surat berharga Rp32,2 miliar, serta kas dan setara kas Rp26 miliar. Dianjuga ternyata dilaporkan memiliki hutang sebesar Rp2,45 miliar. Sehingga, jika ditotal keseluruhan, harta kekayaan Novi Rahman sebesar Rp116.897.534.669 (Rp116 miliar).

Catatan LHKPN , Harta Kekayaan Bupati Nganjuk Meningkat Drastis, Sejak Menjabat Bupati

Dari catatan LHKPN miliknya pada 2019, Novi tercatat memiliki kekayaan mencapai 116,89 miliar. Harta terbesar Novi tercatat berasal dari tanah dan bangunan yang mencapai Rp 58, 69 miliar. Selain itu, harta berupa surat berharga miliknya juga tercatat mencapai angka Rp 32,2 miliar. Selain itu kas dan setara kasnya sebesar Rp 26,4 miliar.

Kekayaan Novi meningkat sejak ia menjabat Bupati pada awal 2018. Tercatat saat menjadi calon bupati, kekayaannya adalah Rp 94,1 miliar. Tanah dan bangunan masih menjadi harta terbesarnya, dengan Rp 48,97 miliar.

Laporan LHKPN Novi Rahman Meningkat

Saat terpilih menjadi Bupati, laporan LHKPN Novi pada 2018 telah meningkat menjadi Rp 102,96 miliar. Yang paling terlihat meningkat, adalah surat berharga yang menjadi Rp 30,2 miliar, serta harta berupa kas dan setara kas sebesar Rp 28,6 miliar.

Surat Berharga Makin Gede

Padahal sebelum menjadi Bupati, surat berharganya tercatat hanya Rp 29,2 miliar serta harta berupa kas dan setara kas miliknya sebesar Rp 23,4 miliar. Dari catatan tersebut, bisa didimpulkan bahwa surat berharga yang dimiliki Bupati Nganjuk makin gede.

Seorang sumber mengatakan OTT Bupati Nganjuk oleh KPK dan Mabes Polri ini berhubungan dengan jual beli jabatan di Kabupaten Nganjuk. “Perihal lelang jabatan camat dan pengisian perangkat desa (carik),” kata sumber ini. Ia menuturkan KPK menyita Rp 700 juta dalam OTT tersebut.

Pos terkait