Heboh! Hakim Bongkar Alasan Menteri Tak Disumpah di MK

MEMO.CO.ID, JAKARTA – Hakim konstitusi Arief Hidayat menjelaskan alasan mengapa empat menteri yang dipanggil MK tidak disumpah dalam sidang sengketa hasil Pilpres. Menurutnya, para menteri tersebut tidak perlu disumpah karena mereka telah disumpah ketika dilantik menjadi menteri.

Hakim MK Ungkap Mengapa Menteri Tak Disumpah dalam Sidang Pilpres

Hakim konstitusi Arief Hidayat menjelaskan mengapa empat menteri yang dipanggil Mahkamah Konstitusi (MK) tidak disumpah dalam sidang sengketa hasil Pilpres hari ini. Keempat menteri Presiden Joko Widodo yang dipanggil MK adalah Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Bacaan Lainnya

Menyikapi hal tersebut, Arief menjelaskan bahwa para menteri tersebut tidak perlu disumpah karena mereka telah disumpah ketika dilantik menjadi menteri. Oleh karena itu, sumpah tersebut tetap berlaku saat memberikan keterangan di persidangan.

Ketua MK Suhartoyo sebelumnya telah memastikan bahwa Majelis Hakim akan memanggil empat menteri Jokowi, serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024. Namun, Suhartoyo menegaskan bahwa pemanggilan tersebut bukan berarti MK mengakomodir permintaan dari kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Pos terkait