Memo.co.id |
Bagaimana cara mengembangkan bisnis bisa tetap fokus berjalan dan mampu bersaing dengan kompetitor ? Pertanyaan ini penting, karena fokus dalam menjalankan bisnis adalah modal utama. Apapaun bisnis yang ditekuni, bila tidak fokus, hasilnya akan beda. Kegagalan di depan mata. Sebab, fokus saja tidak cukup. Namun ada cara bagaimana agar tetap fokus dan bisa memiliki pikiran untuk tetap fokus pada satu tujuan.
Fokus Pikiran Pada Prospek, Solusi, Harga dan Attitude Serta Jam Kerja Untuk Mengembangkan Bisnis Lebih Optimal
Salah fokus salah hasil. Ini tidak berlebihan. Terlena karena menyaksikan bisnis lain yang sudah berhasil atau bisnis temannya serta bisnis pesaing yang lebih baik. Ini adalah gangguan. Gagal fokus menyebabkan gagal hasil. Hasilnya tidak akan sesuai dengan tujuan serta rencana yang sudah diplanningkan.
Karena itu, Memo.co.id, memberi catatan perihal pentinganya fokus pikiran agar tetap terkonsntrasi dengan rencana bisnis yang sudah ditetapkan. Ada 5 fokus agar pikiran tetap terkonsentrasi pada visi dan misi, di setiap bisnis dan pekerjaan apapun.
1. Fokus pada Prospek, dalam Mengembangkan Bisnis
Setiap pebisnis, pasti akan fokus pada omset. Sebab, omsetlah yang akan menentukan keberhasilan dalam menjalankan sebuah bisnis. Namun, fokus pada omset menyebabkan bisnis bisa bergerak tapi belum tentu berkembang.
Sebaliknya, bila fokus terhadap prospek, bisnis akan berkembang. Fokus pada prospek, menyebabkan omset akan terus berkembang dan bisnis akan bergerak aktif. Fokus prospek, menyebabkan omset akan terus berjalan dan berkembang. Itulah, mengapa fokus pada prospek, lebih utama dibanding dengan fokus pada omset.
2. Fokus Pada Solusi, dalam Mengembangkan Bisnis
Setiap pebisnis pasti akan memnjual produk dan jasa. Namun, percayalah bahwa setiap konsumen, belum tentu peduli dengan produk produk, yang kita jual. Apalagi, di era sekarang, produk dan jasa semakin hari semakin tinggi persaingannya.
Tidak jarang, pelaku usaha fokus pertanyaan bagaimana konsumen menerima manfaat dari setiap produk yang kita tawarkan. Karena itulah, pemilik produk harus terus fokus ke manfaat atau fokus solusi, dibanding dengan fokus produknya.
Memberi solusi. Solusi dan manfaat apa yang bisa diberikan ke konsumen melalui produk dan jasanya, itulah fokus bisnis yang menguntungkan semua pihak. Khususnya, ke konsumen . Konsumen pasti peduli dengan manfaat atau solusi, dibanding produknya.
3. Fokus Pada Harga Optimal, dalam Mengembangkan Bisnis
Pilih mana, naikin harga atau turunin harga. Dua pilihan yang sama sama memiliki konsekuensi. Jika menaikkan harga, pasti volume akan turun. Namun, jika menurunkan harga, pasti folume akan naik. Penjualan akan semakin besara dan naik.