Memo.co.id
Bisnis kuliner atau makanan mengalami lonjakan di tengah musim pandemi. Lonjakan kategori bisnis kulibner itu terlihat dari perkembangan e-commerce di Indonesia. Lonjakan bisnis kuliner, khususnya yang dilakukan secara online, terjadi kareba banyaknya orang yang tinggal di rumah dan melakukan aktifitas dari rumah.
Melonjaknya pertumbuhan bisnis e-commerce, di era pandemi covid 19, menurut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM ) Teten Masduki, karena produk tersebut banyak diminati semua lapisan masyarakat. Dari data yang ada di kementeriannya, ada lonjakan kebaikan hingga 250 %.
Lonjakan itu terutama terjadi pada bisnis kuliner jenis frozen. Karena permimtaan yang siap olah dan praktis itu permintaannya tergolong tinggi. ” Permintaan terhadap produk-produk yang siap olah, praktis itu sekarang makin banyak. Pelaku UMKM juga meningkat, khususnya makanan frozen dan makanan kaleng yang tinggal dipanaskan,” ucap Teten.
Laris manisnya bisnis kuliner di tengah wabah virus Corona juga diakui chef Vindex Tengker. Dalam webinar berjudul” Chef Talks: During a pandemic& impact on their business”