Warisi Tokoh Intelektual Nurcholish Madjid, Anies Baswedan Miliki Pemikiran Islam Moderat

Warisi Tokoh Intelektual Muslim Indonesia Nurcholish Madjid, Anies Baswedan Miliki Pemikiran Islam Moderat

Jakarta, Memo

Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 dan kandidat presiden Anies Baswedan memiliki pemikiran Islam moderat sebagaimana diwariskan tokoh intelektual muslim Indonesia Nurcholish Madjid. Tudingan bahwa Anies adalah Bapak Politik Identitas sama sekali tak mendasar.

Bacaan Lainnya

“Ada fakta, selama lima tahun Anies memimpin Jakarta, tak ada satu pun kebijakannya yang menpgarusutamakan kepentingan kelompok tertentu. Semua diperlakukan setara. Tak ada kegaduhan sosial yang berlatar konflik SARA. Ini bukti, Anies seorang pemimpin yang bisa mengelola keanekaragaman dalam persatuan,” kata Moch. Eksan, politisi Partai Nasional Demokrat dan pendiri Eksan Institute, Rabu (12/10/2022).

Menurut Eksan, Anies mewarisi Islam Tarikat Nurkholishy dari Cak Nur, sapaan akrab Nurcholish Madjid, yang memadukan Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemodernan dalam satu tarikan nafas. “Suatu kedunguan, menanggap Anies ‘Bapak Politik Identitas’ yang mengembangkan pemikiran intoleran dan mengusung ide Khilafah,” katanya.

“Saya belum menemukan cuplikan pernyataan Anies, baik berupa lisan maupun tulisan, yang berbicara soal Khilafah. Narasi besar yang dikembangkan perihal melunasi janji kemerdekaan, tenun kebangsaan, pendidikan sebagai eskalator ekonomi, Indonesia mangajar, Indonesia menyala, kelas inspirasi, kualitas manusia Indonesia, pemahaman akar rumput dan kompetisi global,” kata Eksan.

Pos terkait