Terkuak! Rahasia Pergantian Komandan Lanud: Fakta Tragis di Baliknya!

Terkuak! Rahasia Pergantian Komandan Lanud Fakta Tragis di Baliknya!
Terkuak! Rahasia Pergantian Komandan Lanud Fakta Tragis di Baliknya!

MEMO

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, melakukan pergantian Komandan Lanud Abdulrachman Saleh di Malang, Jawa Timur, setelah insiden tragis jatuhnya pesawat. Penggantian tersebut mengacu pada SK Panglima TNI dan melibatkan mutasi 60 perwira tinggi, termasuk Marsma Fairlyanto yang dipindahkan menjadi Staf Khusus KSAU

Bacaan Lainnya

Mutasi dan Penggantian Perwira Tinggi TNI Pasca-Insiden Pesawat Terjun Bebas

Pada sebuah keputusan terkini, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Laksamana Yudo Margono, melakukan pergantian Komandan Lanud (Danlanud) Abdulrachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jabatan sebelumnya yang dipegang oleh Danlanud Abdulrahcman Saleh dan kemudian dialihkan kepada Marsma Firman Wirayuda, awalnya diisi oleh Marsma Fairlyanto.

Keputusan tersebut diresmikan dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1324/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang diterbitkan pada tanggal 17 November.

Dalam pengumuman tersebut, terdapat 60 perwira tinggi yang mengalami mutasi. Salah satunya adalah Marsma Fairlyanto. Sekarang, Fairlyanto dipindahkan untuk menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Sementara itu, posisi Firman yang menggantikan Fairlyanto sebelumnya adalah sebagai Direktur Latihan dan Pendidikan Kodiklatau.

Pergantian Danlanud ini terjadi sesaat setelah kejadian jatuhnya dua pesawat EMB 314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, pada hari Kamis tanggal 16 November.

Insiden Tragis Super Tucano: Fairlyanto Jadi Staf Khusus, Firman Gantikan Abdulrahcman Saleh

Dalam peristiwa tersebut, empat perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dinyatakan meninggal dunia.

Pos terkait