Ini, Tempat Pertapaan Dewi Kilisuci, Putri Raja Airlangga Penguasa Kerajaan Kadiri

Tempat Pertapaan Dewi Kilisuci, Putri Raja Airlangga Penguasa Kerajaan Kadiri

Jombang, Memo

Dewi Kilisuci, putri Raja Airlangga yang menguasai Kerajaan Kadiri, pernah bertapa di Gunung Pucangan. Tempat pertapaan tersebut, dikenal warga sebagai tempat yang suci. Mayoritas warga sekitar mengenali, sebagai lokasi yang tidak sembarang orang bisa berada di lokasi tersebut.

Read More

Dewi Kilisuci sering bertapa dan memilih menyendiri di Gunung Pucangan. Gunung tersebut berada di Desa Cupak, Kecamatan Ngusikan, Kabupaten Jombang dikenal sebagai tempat yang tidak sembarangan. Dia memilih lokasi itu setelah putri tersebut enggan dijadikan pewaris kerajaan.

Menurut budayawan dan sejarawan Jombang, Dian Sukarno, lokasi gunung tersebut dipilih Dewi Kiisuci sebagai tempat pertapaan putri Raja Airlangga, penguasa Kerajaan Kadiri. Gunung ini dianggap suci, lantaran dijadikan tempat pertapaan Dewi Kili Suci, putri Raja Airlangga penguasa Kerajaan Kadiri.

“Setelah ia tidak mau dijadikan putri kerajaan oleh Raja Airlangga yang merupakan ayahnya sendiri. Dewi Kili Suci ini bertapa ke Gunung Pucangan,” ungkap Dian, Selasa (11/10/2022).

Dian menyebut bahwa Dewi Kili Suci merupakan anak pertama dari Raja Airlangga dan Putri Galuh. Dian Sukarno, salah satu penelusur sejarah Jombang mengatakan, Gunung Pucangan merupakan tempat yang dipilih Dewi Kili Suci untuk melakukan pertapaan.

“Airlangga yang baru berusia 16 tahun menikah dengan Galuh Sekar, putri Dharmawangsa Teguh yang tak lain pamannya sendiri,” paparnya.

Related posts

Post ADS 1