Tak Tik Jitu Yang Menyiksa Konsumen, BTS Meal ‘Tersandera’ Covid

  • Whatsapp

Memo.co.id

Ini tak tik jitu marketing yang memancing emosional konsumen sekaligus menyiksa dengan cara membatasi ketersediaan produk yang diberi nama BTS Meal. BTS Meal adalah produk MCDonald , hasil kolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan, BTS.

Bacaan Lainnya

Kolaborasi ini menghasilkan paket khusus BTS Meal yang dijual mulai pukul 11.00 WIB, Rabu lalu. Namun, siapa tahu, produk yang viral di sosial media itu, akhirnya ‘tersandera’ tim penanganan Covid 19, di sleuruh Indonesia.

Konsep pemasaran BTS Meal adalah tormenting the customer, yaitu ‘menyiksa’ konsumen dengan cara membatasi availabilitynya atau ketersediannya. Karuan saja, produk cepat saji dengan label BTS Meal, itu laris manis bak kacang goreng. Namun, masa pandemi menyebabkan produk itu ‘tersandera’ Covid.

Pengamat Bisnis Yuswohady menilai, strategi marketing McDonalds mengeluarkan menu BTS Meal merupakan taktik jitu. Konsep ini juga sering dikeluarkan oleh gerai fast food tersebut sebelumnya.

Konsepnya adalah tormenting the customer, yaitu ‘menyiksa’ konsumen dengan cara membatasi availabilitynya. “Caranya hanya melalui tiga channels yaitu; drive-thru, order delivery, dan online delivery,” ujar Yuswohady saat dihubungi di Jakarta (10/6/2021).

loading…

Menurutnya tujuan penjualan menu BTS Meal ini sudah jelas, yaitu untuk menciptakan sesuatu yang eksklusif. Dampaknya gampang ditebak. Menu ini langsung diserbu karena banyak orang penasaran dan merasa istimewa jika sudah membelinya.

Antrean drive-thru McD mengular di berbagai kota, kemudian menjadi ‘sasaran empuk’ untuk viral medsos.

“The most powerful salesman is your customers. Di era horizontal marketing, jualan yang paling ampuh adalah meminjam tangan konsumen yaitu memfasilitasi fans untuk ngomong di medsos. McD jelas cerdas memanfaatkan fanatisme konsumen,” katanya.

Seperti diketahui, gerai makanan cepat saji MCDonald berkolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan, BTS. Kolaborasi ini menghasilkan paket khusus BTS Meal yang dijual mulai pukul 11.00 WIB, Rabu (9/6/2021).

Banyak yang memburu menu ini lantaran kemasan khusus untuk paket BTS Meal dihadirkan dalam warna ungu yang merupakan warna khas boyband tersebut. Selain itu, kemasan disertai logo BTS yang tercetak di atasnya. Kemasan khusus tersebut ada di bagian paper bag, wadah untuk nugget dan juga tempat minum.

Pos terkait