Subsidi Gaji Akan Bergulir Lagi Untuk 8 Juta Pekerja, Ini Besaran Nilainya

  • Whatsapp
Subsidi Gaji Akan Bergulir  Lagi Untuk  8 Juta Pekerja, Ini Besaran Nilainya

Jakarta, Memo

Subsidi gaji untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 akan dibagikan kepada 8 juta pekerja.

Bacaan Lainnya

Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang pernah dihentikan pemerintah pada akhir 2020 akhirnya kembali bergulir.

Dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), program subsidi upah akan kembali diberikan kepada para pekerja dan buruh.

Menteri Ketenagakerjaan Umumkan Subsidi Gaji Untuk Pegawai Cegah PHK Saat Pandemi

Kepastian pemberian bantuan subsidi gaji buat pegawai itu diumumkan oleh Menteri Ketenagarkerjaan Ida Fauziyah pada Rabu, 21 Juli 2021. Diharapkan program ini bisa membantu mencegah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) perusahaan akibat dampak pandemi Covid-19.

Bantuan Subsidi Tingkatkan Daya Beli

Kementarian keteragakerjaan berharap agar pemberian bantuan sosial mampu memberikan dampak terhadap peningkatan daya beli di masyarakat.

“ Pemberian BSU diharapkan mampu meningkatkan daya beli dan menjaga tingkat kesejahteraan pekerja/buruh.

Dikatakan juga, adanya BSU juga diharapkan mampu membantu meringankan beban pengusaha . ” Harapannya untuk dapat mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19,” kata Ida dikutip dari laman Kementerian Ketenagakerjaan,

loading…
 Kamis 22 Juli 2021.

Bantuan Subsidi 1 Juta Langsung Transfer Bank

Sekadar informasi, bantuan subsidi gaji yang diberikan kepada para pekerja bernilai Rp1 juta. Bantuan ini diberikan melalui transfer bank.

Angka bantuan subsidi gaji ini lebih besar dari tahun sebelumnya senilai Rp600 ribu per bulan.

Ida Fauziah Berharap Beban Perusahaan Berkurang

Dengan BSU, Ida berharap beban perusahaan bisa berkurang. Dengan begitu, pengusaha dan pekerja bisa berdialog sosial bipartite untuk mencari solusi bersama di tengah pandemi Covid-19.

“ Melalui BSU ini, kita berharap hubungan industrial yang harmonis dan kondusif di perusahaan terjaga. Sehingga sekali lagi, PHK dapat terhindarkan,” kata dia.

8 Juta Pegawai Akan Terima Subsidi Gaji

Jumlah calon penerima BSU diperkirakan mencapai kurang lebih 8 juta orang. Anggaran yang dibutuhkan senilai Rp8 triliun.

“ Jumlah ini masih berupa estimasi mengingat proses screening data yang sesuai dengan kriteria di atas masih dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ida.

Menaker Terbitkan Pedoman Bantuan Upah Pekerja

Nantinya, BSU akan diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) yang menetapkan Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Upah/Upah Bagi Pekerja Buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease (COVID-19) dan PPKM Tahun 2021.

 

 

Pos terkait