Spektakuler! IMEX 2023: Panggung Global Musik Tradisional Indonesia Terhebat!

Spektakuler! IMEX 2023: Panggung Global Musik Tradisional Indonesia Terhebat!
Spektakuler! IMEX 2023: Panggung Global Musik Tradisional Indonesia Terhebat!

MEMO

Indonesian Music Expo (IMEX) 2023, kerjasama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Lokaswara, akan menggelar perhelatan spektakuler di Ubud, Bali, pada tanggal 21-24 September mendatang.

Bacaan Lainnya

Acara tahunan ini bukan hanya mempromosikan musik etnis tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi juga bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya musik Nusantara ke seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana IMEX 2023 menjadi panggung global untuk seni musik Indonesia dan bagaimana para pelaku seni dapat bersinar di tingkat internasional.

Keajaiban Musik Nusantara di Ubud, Bali, Tahun Ini Kembali!

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah berkolaborasi dengan Lokaswara untuk menghadirkan Indonesian Music Expo (IMEX) 2023, sebuah acara seni budaya yang menakjubkan.

IMEX 2023 akan diselenggarakan di Ubud, Bali, pada tanggal 21-24 September yang akan datang, mengikuti jejak sukses acara serupa tahun sebelumnya di lokasi yang sama.

IMEX adalah sebuah festival musik etnis tradisional yang mempersembahkan beragam kekayaan musik lokal dari seluruh Indonesia. Setiap daerah memiliki karakter musiknya sendiri yang mencerminkan kearifan lokal.

Tujuan utama IMEX adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan musik tradisional Nusantara ke tingkat internasional dengan mengundang para pemusik dunia untuk hadir dan berpartisipasi dalam acara ini secara langsung di panggung.

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan musik yang beragam karena menjadi perpaduan antara budaya Timur dan Barat. Dia berharap bahwa IMEX dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan kekayaan budaya musik Indonesia ke seluruh dunia dan menarik minat pasar global.

Menurutnya, musik dunia di Indonesia sebenarnya mencakup banyak unsur budaya lokal yang unik dan seharusnya dikenal secara internasional. Hilmar menyatakan, “Musik dunia di Indonesia bukanlah konsep abstrak. Sebaliknya, budaya Indonesia memiliki banyak ciri khas yang bisa dianggap sebagai musik dunia. Ini mencakup unsur-unsur budaya lokal yang unik dan seharusnya dipromosikan ke tingkat global.”

Kemendikbudristek memiliki peran penting dalam mendukung dan memajukan musik Nusantara sebagai bagian dari musik dunia, sehingga para seniman Indonesia dapat bersaing di panggung internasional.

Perpaduan Musik Etnik Nusantara dan Minat Global di IMEX 2023

Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, menjelaskan bahwa IMEX adalah platform penting untuk memajukan musik etnis Nusantara, meskipun ada juga upaya lain dalam mempromosikan kebudayaan.

Dia menyatakan, “Penyelenggaraan IMEX akan membuka pintu bagi para seniman musik etnik Indonesia untuk menciptakan karya seni mereka dan menampilkan kreativitas mereka kepada pasar global.”

Pos terkait