Panglima TNI Umumkan Perubahan Besar! Siapa Komandan Korps Marinir Baru?

Panglima TNI Umumkan Perubahan Besar! Siapa Komandan Korps Marinir Baru?
Panglima TNI Umumkan Perubahan Besar! Siapa Komandan Korps Marinir Baru?

MEMO

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, baru-baru ini mengumumkan serangkaian perubahan penting dalam jabatan militer tinggi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Salah satu pengumuman penting tersebut adalah penunjukan Mayjen (Mar) Endi Supandi sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar), yang didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1126/X/2023.

Bacaan Lainnya

Keputusan ini merupakan bagian dari mutasi sebanyak 156 perwira tinggi yang tertuang dalam SK tersebut. Mari kita lihat lebih dekat perubahan penting ini dan bagaimana mereka memengaruhi struktur kepemimpinan militer Indonesia.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Tunjuk Mayjen (Mar) Endi Supandi

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, telah mengumumkan penunjukan Mayjen (Mar) Endi Supandi sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar). Keputusan ini didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1126/X/2023 tanggal 2 Oktober mengenai pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Sebanyak 156 perwira tinggi juga mengalami mutasi dalam keputusan tersebut.

Sebelum menjabat sebagai Dankormar, Endi sebelumnya adalah Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL). Posisi yang ditinggalkannya akan diisi oleh Laksda Supardi, yang sebelumnya menjabat sebagai Wadan Kodiklatal.

Di sisi lain, posisi Dankormar sebelumnya dipegang oleh Mayjen (Mar) Nur Alamsyah. Alamsyah telah dipromosikan menjadi Dankodiklatal berdasarkan SK Panglima TNI tertanggal 27 September.

Dalam SK tanggal 2 Oktober ini, Panglima TNI Yudo Margono juga menunjuk Kolonel (Mar) Joni Sulistiawan sebagai Danlantamal V Surabaya Koarmada II. Dengan jabatan barunya ini, Joni akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi bintang satu.

Sementara itu, pejabat sebelumnya yang menjabat sebagai Danlantamal V, yaitu Laksma Eko Wahjono, kini ditunjuk sebagai Wadan Kodiklatal.

Lebih lanjut, Marsma Adrian P. Damanik, yang sebelumnya menjabat sebagai Danlanud Halim, dipindahkan ke posisi Asren Koopsudnas. Posisinya kemudian digantikan oleh Marsma Destianto Nugroho, yang sebelumnya menjabat sebagai Dir B Bais TNI.

Mutasi Penting dalam Kepemimpinan Militer Indonesia: Dampak dan Signifikansinya

Jabatan Danlanud Hasanuddin kini diisi oleh Marsma Bonang Bayuaji, yang menggantikan Marsma Benny Arfan yang telah ditunjuk sebagai Kapuskersin TNI.

Pos terkait