Pakar Kesehatan Berikan Tujuh Tips Berpuasa Sehat Selama Ramadhan

tujuh tips berpuasa sehat dan bugar selama Ramadhan

Memo.co.id

Profesor Tjandra Yoga Aditama, seorang pakar ilmu kesehatan dan Direktur Pasca-Sarjana Universitas YARSI, memberikan tujuh tips berpuasa sehat dan bugar selama Ramadhan 1444H/2023M.

Bacaan Lainnya

“Kita semua ingin Ramadhan dapat dijalani dengan baik dan juga sehat,” kata Tjandra Yoga Aditama di Jakarta pada hari Kamis.

Berikut ini, tips kesehatan saat berpuasa yang diberikan oleh Tjandra Yoga Aditama:

  1. Pastikan asupan cairan yang cukup selama waktu berbuka dan sahur.
  2. Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang, serta hindari makanan yang terlalu pedas atau berlemak.
  3. Tetap lakukan olahraga atau aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisi tubuh.
  4. Manfaatkan momentum Ramadhan untuk berhenti merokok.
  5. Kendalikan penyakit tidak menular yang sudah ada, dan kenali gejala awal kegawatdaruratan dari penyakit yang mungkin terjadi.
  6. Sesuaikan jadwal minum obat rutin dengan waktu berbuka, sebelum tidur, dan sahur, dan konsultasikan dengan dokter atau petugas kesehatan. Selain itu, jaga perilaku hidup bersih dan sehat dalam berbagai aspek.

Ini 7 Cara Agar Selama Bulan Ramadhan Tetap Sehat Bagi Ummat Muslim

Konsumsi Hidangan Makanan Pokok

Pertama, saat berbuka puasa dan sahur, disarankan untuk mengonsumsi hidangan yang terdiri dari makanan pokok seperti beras, jagung, roti, ubi, dan lauk-pauk seperti kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya, serta sayur dan buah dalam berbagai variasinya.

Hindari makanan yang terlalu asin dan juga hindari makanan tinggi lemak setiap hari.

Perbanyak Minuman Air Putih

Tips kedua adalah perbanyak minum air putih, sedapatnya delapan hingga sepuluh gelas mulai sejak buka puasa sampai waktu sahur.

Berbuka puasa dengan air putih, makanan manis yang berasal dari buah-buahan seperti kurma, serta memperbanyak konsumsi buah setelah shalat tarawih atau menjelang tidur, dapat membantu menjaga kesehatan selama berpuasa.

Pernyataan tersebut memberikan tips penting bagi umat Muslim yang akan menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan, sehingga dapat tetap menjaga kesehatan tubuhnya.

Tetap Lakukan Olahraga atau Aktivitas Fisik

Ke tiga, Prof Tjandra Yoga Aditama, seorang pakar ilmu kesehatan dan Direktur Pasca-Sarjana Universitas YARSI, menyarankan untuk tetap melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang memungkinkan selama Ramadhan.

Pos terkait