Menjelang Sidang Pilpres 2024, Ganjar Pranowo Deklarasikan Diri Oposisi

Menjelang Sidang Pilpres 2024, Ganjar Pranowo Deklarasikan Diri Oposisi
Menjelang Sidang Pilpres 2024, Ganjar Pranowo Deklarasikan Diri Oposisi

MEMO

Ganjar Pranowo mendeklarasikan diri sebagai bagian dari oposisi pemerintah setelah kekalahan dalam Pilpres 2024, menegaskan bahwa ia tidak akan bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran. Dalam sebuah acara halal bihalal, Ganjar menegaskan komitmennya untuk melakukan kritik konstruktif melalui jalur parlemen, sambil mempertahankan moralitas politik.

Bacaan Lainnya

Komitmen Sebagai Oposisi, Kritik Konstruktif Lewat Jalur Parlemen

Usai mengalami kekalahan dalam Pemilihan Presiden 2024, Ganjar Pranowo akhirnya menyatakan diri sebagai bagian dari kelompok oposisi terhadap pemerintah. Ia juga menegaskan bahwa ia tidak akan menjadi bagian dari pemerintahan yang dipimpin oleh Prabowo-Gibran.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ganjar dalam acara halal bihalal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang dihadiri juga oleh mantan calon wakil presidennya, Mahfud MD, yang berlangsung di Jalan Teuku Umar 9, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Senin (6/5/2024).

“Saya secara resmi menyatakan bahwa saya tidak akan terlibat dalam pemerintahan ini, tetapi saya tetap menghormati pemerintahan ini,” ujar Ganjar.

Ganjar menekankan bahwa sebagai bagian dari oposisi, ia tidak akan menggunakan cara-cara yang merendahkan pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, kritik yang konstruktif tetap akan disuarakan olehnya melalui jalur yang sesuai, seperti melalui lembaga parlemen.

“Oleh karena itu, politik yang kami lakukan haruslah memiliki moralitas, dan kita harus meningkatkan kualitas berpolitik. Semua pihak harus saling menghormati satu sama lain, dan tidak perlu saling merendahkan karena kita dapat menyuarakan pendapat dengan cara yang tepat, yaitu melalui lembaga parlemen. Itulah cara yang paling efektif. Melalui jalur tersebut, kita dapat melakukan kontrol yang efektif,” jelas Ganjar.

Ganjar Pranowo, Oposisi Tegas, Tidak Akan Masuk Pemerintahan!

Spekulasi mengenai Ganjar menjadi bagian dari oposisi terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran sebenarnya sudah terlihat dari pernyataannya setelah selesainya sidang sengketa hasil Pemilihan Presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi. Ganjar dengan tegas menyatakan bahwa ia akan berada di luar pemerintahan.

Pos terkait