Menilik Perbedaan Ruam dan Penyebab Flu Singapura dan Cacar

Menilik Perbedaan Ruam dan Penyebab Flu Singapura dan Cacar
Menilik Perbedaan Ruam dan Penyebab Flu Singapura dan Cacar

MEMO

Flu Singapura dan cacar, dua kondisi yang seringkali disamakan karena gejala ruam yang muncul, sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa beda keduanya? Mari kita temukan jawabannya dari penjelasan Erlina Burhan, anggota PB IDI, mengenai perbedaan gejala dan penyebab kedua kondisi ini.

Bacaan Lainnya

Rahasia Beda Flu Singapura dan Cacar

Flu Singapura dan cacar memiliki gejala serupa yang menyebabkan munculnya lenting atau ruam berbentuk melepuh pada kulit. Namun, ada perbedaan mendasar antara keduanya.

Menurut Erlina Burhan dari Anggota Bidang Kajian Penanggulangan Penyakit Menular PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), flu Singapura disebabkan oleh virus Coxsackievirus, sementara cacar disebabkan oleh virus yang berbeda. Ini artinya, meskipun keduanya menimbulkan ruam, namun penyebabnya berbeda.

Perbedaan yang signifikan juga terletak pada lokasi munculnya ruam dan lenting. Pada penderita cacar, ruam biasanya muncul di wajah, kepala, dan menyebar ke seluruh tubuh. Sementara pada penderita flu Singapura, ruam dan lenting cenderung muncul di tangan dan kaki, serta beberapa di mukosa mulut dengan jumlah yang relatif lebih sedikit.

Pos terkait