Makan Siang Gratis Bisa Terwujud di Indonesia?

Makan Siang Gratis Bisa Terwujud di Indonesia?
Makan Siang Gratis Bisa Terwujud di Indonesia?

MEMO

Pemerintah Indonesia tengah mempelajari program makan siang gratis yang sukses diterapkan di Jepang selama lebih dari 70 tahun. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan minat Indonesia untuk mengadopsi program ini dalam rangka meningkatkan gizi anak-anak sekolah, balita, dan wanita hamil. Program ini, yang menjadi bagian dari janji kampanye presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, diperkirakan membutuhkan anggaran hingga Rp400 triliun.

Bacaan Lainnya

Program Makan Siang Gratis: Belajar dari Pengalaman Jepang

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa pemerintah Indonesia tertarik untuk mempelajari program makan siang gratis dari Jepang. Hal ini disampaikannya dalam acara Nikkei Forum 29th Future of Asia di Tokyo, pada Jumat (24/5).

Menurut Airlangga, Jepang telah memiliki pengalaman panjang dalam menerapkan program makan siang gratis sejak akhir Perang Dunia II. Pemerintah Indonesia, lanjutnya, terbuka untuk belajar dari negara-negara yang telah sukses menjalankan program serupa, termasuk Jepang, yang saat ini telah berubah nama menjadi program makan bergizi oleh presiden terpilih.

“Saya rasa banyak negara yang sudah berhasil menerapkan program ini, dan Indonesia harus mempelajari cara mengimplementasikannya, terutama untuk pemerintahan berikutnya,” ujar Airlangga.

Pos terkait