Hak hak Anak Yang Wajib Difahami Kedua Orangtua

  • Whatsapp
Hak hak Anak Yang Wajib Difahami Kedua Orangtua
banner 468x60

Memo.co.id  – Hak hak Anak Yang Wajib Difahami Kedua Orangtua –  Setiap anak memiliki hak-hak yang harus di hormati dan di penuhi oleh orangtuanya. Anak-anak yang hak dan kewajibannya terpenuhi akan bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, bahagia, dan berpeluang lebih sukses. Berikut beberapa hak anak yang harus diketahui orangtua.

Sebagai orang tua yang baik, kita harus tahu apa saja yang menjadi hak anak kita di rumah.

Bacaan Lainnya

1. Mendapatkan kasih sayang

Dicintai dan disayangi merupakan hal paling utama yang harus diterima oleh seorang anak dari kedua orangtuanya. Anak akan merasa dicintai dan disayangi oleh orangtuanya tak hanya dari ungkapan saja, tapi juga dari pelukan dan pujian.

Orangtua yang memberikan kasih sayang kepada buah hatinya berarti juga memastikan anaknya mendapat hak perlindungan dan juga terbebas dari kekerasan fisik dan psikis.

2. Mendapatkan perhatian

Tak hanya membutuhkan kecukupan material, anak juga perlu mendapat perhatian dari orangtuanya. Jadi sesibuk apapun orangtua mereka harus tetap memberikan perhatian yang cukup. Mengabaikan anak sama dengan melanggar hak anak.

3. Mendapatkan kebutuhan yang layak dan aman

Setiap anak berhak mendapatkan kebutuhan yang layak dan aman seperti makanan, pakaian, serta tempat tinggal yang aman agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Pemerintah pun seharusnya memastikan hak anak ini terpenuhi termasuk pada anak terlantar, anak jalanan dan yatim piatu.

loading…

4. Berhak untuk diterima sebagai individu yang berbeda

Hak anak di rumah berikutnya adalah bisa diterima sebagai individu yang berbeda. Sebab, setiap anak di dunia ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Oleh karena itu, orang tua tidak boleh pilih kasih terhadap anak, tidak hanya dalam memberikan kasih sayang tapi juga perlindungan dan pendidikannya.

5. Mendapatkan kesehatan

Hal-hal mendasar yang mendukung anak bisa tumbuh sehat adalah memiliki tempat tinggal dan lingkungan yang layak, makanan bernutrisi, pakaian yang bersih, hingga mendapatkan imunisasi agar terhindar dari penyakit.

Para orangtua juga wajib memenuhi hak anak yang satu ini dengan menyediakan akses kepada dokter atau tenaga kesehatan jika anak sakit. Jangan lupa juga untuk selalu mengajarkan pola hidup bersih dan sehat.

6. Berhak mendapatkan bimbingan belajar

Anak-anak berhak atas pendidikan mereka. Hak ini bukan hanya sekedar mendaftarkan anak ke sekolah, tetapi juga orangtua harus bisa jadi guru utama dalam membimbing anak belajar di rumah. Mulai dari mengenalkan mana perbuatan baik serta yang buruk, termasuk mendukung rasa ingin tahu anak agar kreativitasnya berkembang.

7. Hak bermain

Bermain adalah dunia anak. Orangtua harus menyediakan waktu bermain untuk anak-anaknya, termasuk menyediakan mainan yang sesuai dengan usia mereka. Dan yang paling penting adalah punya waktu bermain dengan sang buah hati.

 

Pos terkait