Delapan Partai Ini Kuasai DPR 2024, Siapa Saja Mereka?

Delapan Partai Ini Kuasai DPR 2024, Siapa Saja Mereka?
Delapan Partai Ini Kuasai DPR 2024, Siapa Saja Mereka?

MEMO

Dalam pesta demokrasi terbaru, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan delapan partai politik yang berhasil melewati ambang batas parlemen dan mengamankan kursi di DPR RI untuk periode 2024-2029.

Bacaan Lainnya

PDIP memimpin perolehan dengan suara signifikan, diikuti oleh Golkar dan Gerindra yang menunjukkan peningkatan suara dibandingkan pemilu sebelumnya. Artikel ini menggali lebih dalam tentang dinamika perolehan suara dan bagaimana partai-partai ini berhasil mencapai posisi mereka saat ini.

Perolehan Suara Mengejutkan dalam Pileg 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan bahwa ada delapan partai politik (parpol) yang berhasil mendapatkan kursi di DPR RI selama periode 2024-2029. Delapan partai ini mampu mencapai ambang batas parlemen sebesar empat persen.

Dari data yang dirangkum oleh KPU, partai yang menduduki posisi pertama adalah PDIP dengan meraih 25,3 juta suara atau sekitar 16,72 persen dari total suara sah nasional. Meskipun berada di peringkat tertinggi, suara yang diperoleh PDIP mengalami penurunan dari hasil Pemilu 2019 yang mencapai 27,5 juta suara atau sekitar 19,33 persen.

Di posisi kedua, terdapat Golkar dengan perolehan suara sebesar 23,2 juta. Suara yang diperoleh oleh Golkar mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 yang hanya mencapai 17,2 juta suara.

Strategi Jitu PDIP, Golkar, dan Gerindra dalam Meraih Kemenangan

Kemudian, posisi ketiga ditempati oleh Gerindra dengan perolehan suara sebesar 20 juta. Gerindra juga mengalami peningkatan suara dari Pemilu 2019 yang hanya mencapai 17,5 juta suara.

Pos terkait