Buah Kurma Kesukaan Nabi Muhammad Beredar di Indonesia, Khasiatnya..

  • Whatsapp
Buah Kurma Kesukaan Nabi Muhammad Beredar di Indonesia, Ini Khasiatnya
Buah Kurma Kesukaan Nabi Muhammad Beredar di Indonesia, Ini Khasiatnya

Memo.co.id

Buah kurma yang menjadi kesukaan Nabi Muhammad, ternyata beredar juga di pasaran Indonesia. Meskipun banyak orang yang tidak bisa menyebut nema nama jenis buah kurma, namun, semuanya tersedia di pasar tradisional maupun pasar modern di tanah air. Buah kurma, menjadi makanan favorit di kala bulan suci Ramadlan.

Bacaan Lainnya

Kebanyakan buah kurma jenisnya hanya satu, karena bentuknya sama. Meskipun berbeda, sebagian besar orang menyebut buah kurma itu dengan jenis kurma dari arab atau kurma lokal dari indonesia. Padahal, berbagai jenis buah kurma, juga memiliki karakteristik serta rasa yang berbeda pula.

11 Jenis Buah Kurma Yang Beredar di Pasaran Indonesia, Cocok Untuk Buka Puasa di Bulan Ramadlan

Setidaknya, terdapat 11 jenis buah kurma yang berada di pasaran. Masing masing memiliku karakteristik tersendiri. warnanya, khasiatnya serta asal muasal tanaman tersebut tumbuh. Banyak faktor yang membuat jenis buah kurma itu berbeda dari segi fisik dan namanya. Banyak macam kurma yang bisa Anda pilih mulai dari kurma mejool, safawi, hingga deglet noor.

Bertikut ini, Memo.co.id, sajikan 11 jenis buah kurma yang paling sering dijumpai di pasaran. Masing masing terdapat perbedaan, namun, semuanya tersedia di pasaran Indonesia. Setidaknya, akan menjadi referensi Anda jika belanja buah kurma di bulan suci Ramadlan ini.

 

11 Jenis Buah Kurma Yang Beredar di Pasaran Cocok Untuk Buka Puasa di Bulan Ramadlan
11 Jenis Buah Kurma Yang Beredar di Pasaran di Indoneisa, sangat Cocok Untuk Buka Puasa di Bulan suci Ramadlan

1. Kurma Mejool

Kurma Medjool populer karena rasa manisnya yang alami. Di bagian luar atau kulit kurma, terasa manis. Bentuk buah kurma mejool lebih besar, dengan warna gelap dan mengandung kalsium lebih tinggi dari kurma lainnya.

Kurma mejool berukuran gede dengan harga cukup mahal. Warna buah Kurma ini lebih ke arah cokelat gelap, bahkan hampir hitam. Fisiknya, jika disentuh dengan tangan, sangat lunak . Paga bagian kulit luar kurma, seperti berdebu. Namun, kulit yasng terlihat berdebu itu adalah gula alami yang diproduksi dari buah kurma tersebut.

2. Kurma Hayani

Dari bentuk, warna, dan tekstur, kurma hayani sangat berbeda dari jenis kurma lainnya. Jika kurma biasanya terlihat seperti buah yang sudah dikeringkan, hayani terlihat seperit buah segar dan bisa dipanen sepanjang tahun.Kulit kurma hayani mengkilap dan teksturnya pun lebih berserat.

Tekstur lembut, bentuknya yang lonjong, dan rasanya sangat lezat. Berbeda dengan kurma yang lain kurma yang segar ini lebih tahan dibekukan. Populer di banyak negara, terutama Israel, dan juga Eropa. Warna kulitnya hitam mengkilat, beratnya bisa mencapai 12-20 gram per buah.

3. Kurma Bahri

Kurma ini berukuran sedang dengan kulit yang tipis. Rasanya juga termasuk yang lebih manis dan daging buahnya pun empuk. Membuat kurma ini disenangi cukup banyak orang.

Buah kurma Barhi atau barhee adalah jenis kurma yang sangat terkenal. Buah jenis ini memiliki daging yang sangat tebal dan kaya dengan rasa. kelebihan buah kurma Bahri akab lebih enak jika dikonsumsi saat masih fress, dibandingkan dengan dalam kondisi dikeringkan.

4. Kurma Safawi

Sama seperti kurma mejool, kurma safawi juga berwarna cokelat gelap, hampir hitam. Namun bedanya, tekstur kurma safawi lebih kenyal saat dikunyah. Kurma ini mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan Anda.
Kurma Safawi adalah salah satu jenis kurma terbaik, bahkan yang terbaik setelah kurma Ajwa. Daging kurma sangat tebal dan lembab serta gelap, bentuknya oval, memiliki tampilan tekstur seperti buah prune pada permukaan kulit luarnya, kering dan keriput.

5. Kurma Deglet noor

Kurma jenis ini merupakan salah satu yang paling banyak dijual di pasaran. Deglet noor biasanya berwarna lebih terang dari kurma biasanya, dan malah cenderung kemerahan. Ciri lainnya adalah kulitnya cukup keras dan dagingnya pun lebih kering, menyerupai kismis.

Buah kurma yang berwarna cokelat muda berbentuk oval ini sangat populer dibulan ramadan. Rasanya manis legit dan dipilih. Disajikan segar dengan tangkainya. Rasanya manis garing sehingga cocok untuk santapan saat berbuka puasa.

6. Kurma Anbara

Kurma anbara adalah kurma yang asli dari Arab Saudi. Bagian luar buahnya cenderung kering namun dagingnya lebih lembut. Kurma Jenis Anbara Merah adalah salah satu kurma paling terbaik dan terkenal di dunia. Buah kurmanya memiliki ukuran yg SUPER JUMBO lebih besar dari buah kurma Medjool.

Dari research yang dibuat, hanya 10% tanah di Malaysia ditanam dgn pohon kurma. Dengan populasi umat Islam 60% dinegaranya.
Indonesia mempunyai 250 juta lebih penduduk yg 80% nya Muslim. ini potensi kita menanam Kurma. Nilai Import kurma indonesia tiap tahun selalu meningkat dari data BPS yang ada.

loading…

7. Kurma Sagai

Kurma saghai seringkali dijadikan camilan oleh orang-orang di Arab Saudi karena teksturnya yang kering dan ringan. Kurma Sagai merupakan kurma yang berasal dari kerajaan saudi arabia. Nama lain kurma ini adalah kurma susu karena memiliki kandungan susu didalamnya.

Kelezatannya memiliki khas tersendiri, selain daging kurmanya yang empuk, tekstur kurma Sagai terdapat sensasi caramel lembut disetiap gigitannya. Rasanya sangat creamy dan milky. Diandalkan oleh ibu menyusui sebagai ASI BOOSTER dan ibu hamil sebagai sumber energi agar ibu tetap sehat dan kuat beraktifitas sehari-hari bahkan kuat berpuasa.

8. Kurma Sukkari

Salah satu jenis kurma yang paling digemari. Tidak mengherankan sebab tekstur kurma sukkari sangatlah lembut, hingga rasanya langsung meleleh di mulut saat digigit. Rasanya pun lebih manis dari kurma kebanyakan.

Pada awalnya, kurma sukari dibudidayakan di wilayah Al Qaseem. Popularitasnya kemudian mendunia, terlebih di wilayah Asia Selatan.
Masyarakat Arab Saudi percaya bahwa kurma sukari memiliki manfaat untuk kesehatan dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

9. Kurma Khudri

Kurma khudri memiliki kulit luar yang terlihat keriput. Warnanya cokelat gelap dan rasanya cukup manis. Kurma Khudri berdaging gemuk, ukurannya menengah sampai besar, berbentuk silinder. Berwarna merah kecoklatan, kenyal dan rasanya seperti karamel. Khudri kaya dengan serat, kalium, magnesium, serta berbagai vitamin dan mineral.

10. Kurma Kholas

Kurma kholas berwarna cokelat keemasan. Rasanya bisa terbilang cukup unik karena seperti ada rasa dipanggang. Kulit dari kurma ini pun terbilang cukup tebal jika dibandingkan dengan kurma jenis lain. Kurma Khalas merupakan salah satu kurma yang paling laris di Indonesia, karena harganya yang terjangkau. Kurma Khalas berbentuk oval.

11. Kurma Zahidi

Ciri khas kurma zahidi adalah ukuran bijinya yang cukup besar. Daging kurma ini juga cenderung lebih garing sehingga lebih sering digunakan untuk membuat olahan kurma seperti selai atau madu.

Kurma Zahidi atau juga dikenali sebagai kurma Zahedi adalah salah satu jenis kurma yang dihasilkan dengan penuh kasih sayang di Iran – asal daripada kurma yang paling indah di dunia. Daripada semua jenis kurma, kurma Zahedi itu dianggap sebagai jenis kurma yang paling kerap digunakan di Iran. Ia dianggap sebagai salah satu kurma kering paling lazat di dunia.

4 Khasiat dan Manfaat Makan Kurma Ketika Buka Puasa di Bulan Ramadlan

 

Khasiat dan Manfaat Makan Kurma Ketika Buka Puasa di Bulan Ramadlan
Khasiat dan Manfaat Makan Kurma Ketika Buka Puasa di Bulan Ramadlan

Kurma jadi salah satu santapan yang dikejar sepanjang bulan puasa. Ini tidak membingungkan. Sebab selain memanglah agama Islam menganjurkan, isi gula natural dalam kurma pula teruji bagus buat memperbaiki tenaga kita sehabis seharian puasa. Kamu pula bisa memilah bermacam tipe kurma yang dijual, selera yang sangat cocok.

Dikala memilah buah kurma, umumnya pedagang hendak menawarkan bermacam tipe, dengan karakteristiknya yang khas. Perbandingan dalam tipe buah kurma hendak pengaruhi harga serta rasa kurma itu sendiri. Umumnya, buah kurma yang lebih mahal merasa lebih” bersih” serta manisnya lebih terfokus.

Supaya tidak bimbang ketika memilah, mengidentifikasi bermacam tipe kurma. Makan buah kurma nyatanya bisa membagikan bermacam khasiat untuk kesehatan Kamu. Tidak hanya bisa mengubah tenaga yang lenyap sepanjang puasa, selanjutnya merupakan sebagian khasiat dari buah kurma yang bisa Kamu rasakan.

• Buah Kurma Banyak Serat

Buah kirma bermuatan lumayan banyak serat alhasil bagus buat kesehatan pencernaan. Komsumsi buha kurma bisa menolong menghindari wasir.

• Kurma Bermuatan antioksidan

Antioksidan merupakan konten yang bisa menolong badan melawan kehancuran sel sebab paparan radikal yang kelewatan. Radikal leluasa bisa mengakibatkan bermacam penyakit semacam kanker, penyakit Alzheimer, sampai penyakit jantung.

• Buah Kurma Baik buat Tulang

Mineral dalam kuirma buatnya bagus buat kesehatan tulang. Alhasil buah ini dipercayai menolong menghindari osteoporosis.

• Buah Kurma Untuk Pengawasan Kandungan gula darah

Konten serat serta antioksidan dalam kurma pula bisa menolong mengatur gula darah. Walaupun sedemikian itu, kurma sedang memiliki gula, alhasil pengidap diabet tidak dianjurkan buat komsumsi sangat banyak.

Sehabis mengenali tipe kurma serta khasiatnya, Kamu pasti tidak ragu buat buatnya rehat dengan kilat. Supaya tidak jenuh, Kamu pula bisa mengerjakan kurma jadi selai, roti, ataupun dimasak dengan pangkal protein semacam ayam ataupun daging. Itulah penjelasan tentang Buah Kurma, kesukaan nabi Muhammad SAW yang terdapat di Indonesia. ( ed )

Pos terkait