Example floating
Example floating
EKONOMI

Ini Alasan Utama Pembatalan Program Kompor Listrik Terbaru!

×

Ini Alasan Utama Pembatalan Program Kompor Listrik Terbaru!

Sebarkan artikel ini
Ini Alasan Utama Pembatalan Program Kompor Listrik Terbaru!
Ini Alasan Utama Pembatalan Program Kompor Listrik Terbaru!
Example 468x60

MEMO

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terpaksa mengungkap nasib program kompor listrik, menghadapi ketidakpastian akan pemberian 500 ribu rice cooker yang belum terlaksana. Pembatalan ini mengundang perhatian terhadap rencana energi nasional di tengah tantangan pasokan dan distribusi listrik.

Example 300x600

Perdebatan dan Tantangan Program Kompor Listrik vs. Rice Cooker Gratis

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan nasib program kompor listrik di tengah janji pemberian 500 ribu rice cooker yang belum terealisasi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Parada Hutajulu, sebenarnya menyambut baik pembatalan resmi program tersebut. Meski demikian, ada beberapa persyaratan agar program kompor listrik dapat dilaksanakan setelah pembagian rice cooker gratis.

“Sebenarnya program kompor listrik itu bagus, tapi kita harus meratakan pasokan listriknya agar dapat mendukung. Saat ini, kapasitas listrik kita di Jawa sudah melebihi kebutuhan, kita akan berupaya meningkatkan pasokan listrik di seluruh daerah,” ungkapnya setelah pertemuan dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta Pusat pada hari Selasa (21/11).

Jisman menyebut bahwa ia dan tim dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM telah menyiapkan Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) yang baru. Menurutnya, rencana ini sesuai dengan target nol emisi pada tahun 2060.

Dilema Energi: Pembatalan Kompor Listrik dan Janji Rice Cooker

Pernyataan ini disampaikan oleh Jisman di tengah masih berlangsungnya program pemberian 500 ribu rice cooker gratis yang belum terlaksana pada akhir tahun ini. Meskipun begitu, alat masak berbasis listrik (AML) gratis ini dijanjikan akan dibagikan oleh pemerintah pada bulan November 2023 dan Desember 2023.

Sebelum adanya program pemberian rice cooker gratis, pemerintah sempat mengusulkan penggunaan kompor listrik sebagai pengganti dari penggunaan LPG 3 kg.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.