Example floating
Example floating
EKONOMI

Skandal Korupsi Mega: Ahok dan Karen Terperiksa KPK! Apa yang Terungkap?

×

Skandal Korupsi Mega: Ahok dan Karen Terperiksa KPK! Apa yang Terungkap?

Sebarkan artikel ini
Skandal Korupsi Mega: Ahok dan Karen Terperiksa KPK! Apa yang Terungkap?
Skandal Korupsi Mega: Ahok dan Karen Terperiksa KPK! Apa yang Terungkap?
Example 468x60

MEMO

Kasus dugaan korupsi pengadaan Liquefied Natural Gas (LNG) dari tahun 2011 hingga 2021 telah menjadi sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam pemeriksaannya, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan mantan Direktur Utama PT Pertamina periode 2009-2014, Galaila Karen Kardinah alias Karen Agustiawan, telah diperiksa sebagai saksi. Artikel ini akan merangkum perkembangan terbaru dalam kasus tersebut.

Example 300x600

Penyelidikan Kasus LNG dan Peran Kunci Ahok serta Karen

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah diperiksa sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini. Ia menjadi saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Liquefied Natural Gas (LNG) dari tahun 2011 hingga 2021.

KPK sebelumnya telah menetapkan Direktur Utama PT Pertamina periode 2009-2014, Galaila Karen Kardinah alias Karen Agustiawan, sebagai tersangka pada Selasa (19/9).

Ahok dimulai pemeriksaannya pada pukul 09.00 WIB dan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 15.35 WIB.

Setelah pemeriksaan, Ahok mengatakan, “Pemeriksaan tanya ke penyidik. Ini urusan jadi saksi buat masalah Ibu Karen.” Ia menyatakan bahwa pertanyaan lebih baik disampaikan kepada KPK.

Meskipun Ahok enggan untuk memberikan banyak komentar kepada awak media yang menanyakan lebih lanjut, ia memberikan sedikit penjelasan tentang kontrak kerja Pertamina dengan perusahaan di AS yang dikenal dengan nama Corpus Christi Liquefaction (CCL) LLC.

Ahok mengungkapkan bahwa kontrak tersebut memiliki durasi yang cukup panjang, dan penyidik KPK juga tertarik dengan hal ini.

Sebelum Ahok, Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, juga telah diperiksa sebagai saksi pada Kamis (26/10). Namun, apa sebenarnya proyek LNG yang membuat Karen menjadi tersangka dan mengapa Nicke dan Ahok dipanggil oleh KPK?

Berdasarkan informasi dari situs Pertamina, pada tanggal 4 Desember 2013, mereka menandatangani perjanjian jual beli dengan Cheniere Energy, Inc untuk pasokan LNG sebanyak 0,8 juta ton per tahun selama 20 tahun. LNG ini dipasok dari kilang LNG dekat Corpus Christi, Texas, AS.

Pembelian LNG ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Pertamina dari pemasok internasional, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia, terutama di sektor pembangkit listrik berbahan bakar gas dan industri di Jawa dan Sumatra.

Penyelidikan Kasus LNG: Ahok dan Karen Buka Pintu Rahasia Pertamina

Cheniere Energy, Inc adalah perusahaan energi berbasis di Houston, AS, yang berbisnis di bidang LNG dan mengoperasikan terminal LNG Sabine Pass serta Creole Trail Pipeline di Louisiana. Proyek The Corpus Christi Liquefaction yang dirancang oleh Cheniere memiliki kapasitas produksi 13,5 juta ton per tahun.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.