Example floating
Example floating
HukumKriminal

Wow! Aktivis HAM Bongkar Rencana Jokowi Lawan Rocky Gerung!

×

Wow! Aktivis HAM Bongkar Rencana Jokowi Lawan Rocky Gerung!

Sebarkan artikel ini
Wow! Aktivis HAM Bongkar Rencana Jokowi Lawan Rocky Gerung!
Wow! Aktivis HAM Bongkar Rencana Jokowi Lawan Rocky Gerung!
Example 468x60

MEMO

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Haris Azhar menyarankan Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan pelaporan akademisi Rocky Gerung ke pihak kepolisian. Saran tersebut disampaikan Haris dalam diskusi bertajuk “Potret Pembungkaman Kritik dan Praktik Kriminalisasi di Indonesia” yang menyoroti proses pemeriksaan yang cukup lama.

Example 300x600

Diskusi ini mencermati laporan yang melibatkan Rocky Gerung dan Refly Harun atas dugaan pelanggaran terkait dengan ucapan kritis terhadap kebijakan Ibu Kota Negara (IKN). Berikut adalah kesimpulan dari artikel ini.

Saran Kontroversial Haris Azhar: Jokowi Siap Laporkan Rocky Gerung?

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Haris Azhar mengusulkan agar Presiden Joko Widodo bersiap-siap untuk melaporkan akademisi Rocky Gerung ke pihak kepolisian. Haris menyoroti waktu pemeriksaan dalam sidang yang cukup lama, di tengah kesibukan Jokowi sebagai Presiden.

Haris berbicara dalam sebuah diskusi berjudul “Potret Pembungkaman Kritik dan Praktik Kriminalisasi di Indonesia” pada tanggal 2 Agustus. Dia mengungkapkan, “Tapi dia (Jokowi) juga harus siap nanti begitu masuk ke persidangan dia akan diperiksa sampai 6 jam. Saksi pelapor itu harus diperiksa di pengadilan.”

Lebih lanjut, Haris menyatakan, “Apalagi yang dilapor dua kan, Refly Harun dan Rocky Gerung. Maka harus ada diperiksa dua kali karena berkasnya berbeda.”

Haris juga membayangkan jika dia ditunjuk sebagai kuasa hukum Jokowi, dia akan meminta surat kuasa untuk terlebih dahulu meminta klarifikasi tentang pernyataan Rocky.

Diskusi ‘Potret Pembungkaman Kritik dan Praktik Kriminalisasi’ Sorot Persidangan Lama dan Pelaporan Rocky Gerung

Setelah klarifikasi dilakukan, Haris berpendapat bahwa pelaporan harus dilakukan secara langsung oleh Jokowi sebagai pihak yang diduga dirugikan. “Maka, si Joko Widodo-nya yang harus melapor atau dia sementara bisa kasih kuasa,” ujar Haris.

Diketahui, Rocky telah dilaporkan oleh sejumlah relawan ke pihak kepolisian karena ucapan “Bajingan Tolol” saat mengkritik kebijakan Ibu Kota Negara (IKN). Refly Harun juga terseret dalam kasus ini karena terlibat dalam menyebarkan dugaan hinaan tersebut melalui kanal YouTube.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.