Example floating
Example floating
Destinasi

Candi Mataram Kuno Era Mpu Sindok Ditemukan di Malang, Ada Topeng Wajah Manusia

×

Candi Mataram Kuno Era Mpu Sindok Ditemukan di Malang, Ada Topeng Wajah Manusia

Sebarkan artikel ini
Candi Mataram Kuno Era Mpu Sindok Ditemukan di Malang
Example 468x60

Candi Mataram Kuno Era Mpu Sindok Ditemukan di Malang – Kaki candi dan topeng wajah manusia berbahan gerabah ditemukan di situs Srigading. Sejak Senin (7/2/2022) Tim arkeologi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, melakukan ekskavasi di Dusun Manggis, Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Dari hasil penggalian yang dilakukan pada Kamis (10/2/2022), tim arkeologi BPCB Jawa Timur, mulai menemukan bentuk kaki candi yang masih utuh. Diduga, candi dari susunan batu bata kuno tersebut, merupakan peninggalan Mataram Kuno pada era kepemimpinan Mpu Sindok, saat kerajaan tersebut berpindah dari Jawa Tengah, ke Jawa Timur.

Example 300x600

Situs cagar budaya tersebut, berada di tengah kebun tebu dan berada sekitar 50 meter dari permukiman warga. Lokasi situs tertimbun tumpukan tanah setinggi 5 meter. Tim BPCB Jawa Timur, melakukan ekskavasi secara manual.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Srigading, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, ekskavasi dilakukan Senin-Sabtu (7-12/2/2022), untuk melihat apakah bangunan bersejarah ini merupakan candi atau bukan. Mengingat sebelum dilakukan ekskavasi warga sekitar sudah mengetahui adanya dugaan situs sejarah, apalagi dengan ditemukannya yoni dan tiga arca.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.