Example floating
Example floating
Kabar Daerah

Memasuki Hari Ke Dua Romadhon Harga Komoditi Di Situbondo Masih Terus Merangkak Naik

×

Memasuki Hari Ke Dua Romadhon Harga Komoditi Di Situbondo Masih Terus Merangkak Naik

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

[ad_1]

Situbondo MEMO

Example 300x600

Memasuki Bulan Puasa berjalan 2 hari, beberapa komoditas pangan, seperti cabai, bawang putih, kentang, hingga ayam potong di Pasar Tradisional Situbondo seperti pasar Panji krlurahan Mimbaan, kecamatan Panji Kabupaten Situbondo harga komoditi terus merangkak naik.

“Yang naik itu cabai, bawang, dan kentang. Cabai naik hari ini sekitar 25 persen, hari normal Rp20 ribu per kilogram, sekarang Rp 27 ribu bahkan bisa naik lagi ke 30 ribu,” kata Anwar , pedagang sayuran di Pasar Panji.

Selain itu, kata dia bawang putih juga mengalami penaikan harga sampai dengan Rp70 ribu per kilogram. Dan srkarag mencapai 80 ribu. “Bawang putih, ini sih, yang lagi mahal. Sudah mencapai Rp70 ribu, masih mau naik lagi ini ya dari sananya udah mahal. Kemarin, Rp60 ribu, naik Rp65 ribu, dan sekarang sudah Rp70 ribu,” ujarnya, Selasa (7/5/2019).

Dibandingkan bawang putih yang harganya terus melonjak, bawang merah masih terbilang murah masih pada harga Rp38 – 40 ribu per kilogram. Kentang, lanjut dia, naik 15 persen dari Rp15 ribu menjadi Rp17 ribu per kilogram.

Kenaikan ini sudah biasa kalau sudah puasa hingga pada masuk Lebaran pasti ada kenaikan harga,” Tambah Anwar.

Menurut para pedagang yang tersebar ke beberapa pasar tradisional di Situbondo, harga komoditas pangan itu akan naik, apalagi menjelang bulan puasa ataupun menjelang Lebaran. Hal tersebut merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahunnya.

Diperkirakan kemungkinan harga bawang putih akan naik terus selama bulan Ramadhan, apabila tidak ada intervensi dari pemerintah. “Kemungkinan harganya akan bertengger di kisaran Rp75 sampai Rp80 ribu per kilogram,” ujar Firman selaku pemasok Bawang Putih Fi Situbondo.

Firman mengaku kalau persediaan bawang putih saat sedang sulit. Kalaupun tersedia maka kualitasnya jelek. “Bawang putih ini sekarang susah, , sudah susah, jelek lagi kualitasnya,” ujar katanya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.