10 Makanan dan Minuman Yang Paling Banyak Dikonsumsi Nabi Muhammad

  • Whatsapp
10 Menu Makanan dan Minuman Yang Paling Banyak Dikonsumsi Nabi Muhammad
10 Menu Makanan dan Minuman Yang Paling Banyak Dikonsumsi Nabi Muhammad

Memo.co.id
Ini, makanan disukai Nabi Muhammad. Sebagai nabi, tentu saja apa yang sering dimakan dan dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW, akan menjadi rujukan orang orang beriman yang akan meniru kebiasaan Nani Muhammad SAW.BUkankah meniru apa yang sudah dilakukan junjungan Nabi Muhammad menjadi ibadah bagi setiap ummat muslim ?

Dari beberapa literatur yang didapat Memo, setidaknya ada 10 jenis makanan dan minuman yang disukai Nabi Muhammad. Kesepuluh jenis makanan tersebut, menjadi kuliner faforit para ulama dan ummat muslim di seluruh dunia. Kebetulan, kesepuluh jenis makanan yang sering dikonsumsi nabi itu, seluruhnya ada disekililing daerah kita.

Bacaan Lainnya

Ini, 10 Jenis Makanan Yang Disukai Nabi Muhammad, Khasiatnya Sangat Baik Untuk Kesehatan

10 jenis makanan yang disukai Nabi Muhammad, sebagian besar memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Selain bermanfaat untuk kesehatan, jenis makanan tersebut juga diterangkan dalam kitab kitab kuno yang dikarang para ulama. Sebagian juga termaktub dalam kitab suci Al Qur’an.

Misalnya saja, jenis makanan Nabi Muhammad yang juga diterangkan dalam kitab suci Alquran, yaitu madu. Khasiat madu sangat baik bagi kesehatan. Karena di dalam kandungan madu terdapat obat obatan. Jenis madu juga diterangkan dalam QS An Nahl: 68 – 69. Keberadaan madu bukan jenis makanan biasa, namun makanan yang terbukti berkhasiat, selain memang disukai oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini, Memo akan tuliskan 10 jeni makanan yang disukai Nabi Muhammad serta apa yang terkandung dalam jenis makanan tersebut. Dibalik makanan tersebut, juga terdapat khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan manusia.

1. Buah Kurma

Buah kurma amat serupa dengan Bulan Ramadan. Buah ini direkomendasikan buat dikonsumsi dikala berbuka puasa sebab khasiat yang di milikinya.

Buah ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, di dalam salah satu hadist Shahih Bukhari serta Mukmin yang diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Rasul Shallallahu‘ Alaihi wa Sallam dia berfirman:‘ Barangsiapa komsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, hingga pada hari itu beliau tidak hendak terserang toksin ataupun guna- guna’

2. Minuman Madu

Mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, Madu pula telah diketahui semenjak era rasul. Salah satu metode Rasul Muhammad saw melindungi energi serta menyurutkan sakit merupakan dengan komsumsi madu kumbang.

Dalam dunia penyembuhan madu telah digunakan semenjak dulu, ialah materi berarti yang ikut memperkaya obat- obatan yang dipakai para dokter mukmin buat menyembuhkan bermacam berbagai penyakit.

Di dalam Alquran manfaat madu tertuang dalam surat Annahl:

” Serta Tuhanmu menggerakkan hati pada kumbang,” Buat sarang- sarang di bukit- bukit, di pohon- pohon kayu serta tempat- tempat yang terbuat orang. Setelah itu makanlah dari setiap( berbagai) buah- buahan serta tempuhlah jalan Tuhanmu yang sudah dimudahkan( bagimu). Dari perut kumbang itu keluar minuman( madu) yang bermacam- macam warnanya. Di dalamnya ada obat yang mengobati orang. Sebetulnya pada yang begitu itu betul- betul ada tanda( kebesaran Tuhan) untuk orang- orang yang berpikir.”( QS. An- Nahl: 68- 69).

3. Minum Susu

Segelas susu setiap hari, adalah minuman yang selalu dikonsumsi Nabi Muhammad. Kandungan susu, sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Susu merupakan minuman yang dimulyakan dalam Al Qur’an. Berigu banyak manfaat dalam kecerdasan otak dan kesehatan fisik, khasiat minum susu sangat dianjurkan, sejak jaman Nabi Muhammad hingga zaman kedokterans sekarang.

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya ( berupa ) susu yang bersih antara tahu dan darah, yang mudah ditelan bagi orang orang yang meminumnya. ( QS An Nahl-66 )

4. Buah Anggur

Anggur ialah tumbuhan buah berbentuk perdu merambat yang tercantum ke dalam keluarga Vitaceae. Tumbuhan ini telah dibudidayakan semenjak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Anggur memiliki banyak senyawa polifenol serta resveratol yang berfungsi dalam metebolisme badan. Senyawa antioksidan yang terdapat didalam buah anggur ini pula sanggup mencegah radikal bebas yang bisa melanda badan kita serta memunculkan bermacam penyakit yang mematikan.

Sebab itulah buah anggur diketahui mempunyai banyak khasiat buat kesehatan kita, antara lain: Buat melindungi kesehatan jantung, Menanggulangi kendala pencernaan, kesehatan kulit, menguatkan pangkal rambut, serta buat kontra oksidan.

Di dalam hadist pernah Rasulallah bersabda,“ Kamu memiliki kismis( anggur). Ia bisa mencerahkan wajah serta melenyapkan lendir.”( HR Abu Nuaim).

5. Buah Delima

Buah delima di dalam Islam diucap di dalam Surat Ar- Rahman 55: 66- 68 Di dalam kedua syurga itu terdapat 2 buah mata air yang memancar. Hingga nimat Tuhan kalian yang manakah yang kalian dustakan? Di dalam keduanya buah- buahan serta kurma dan delima. Hingga nimat Tuhan kalian yang manakah yang kalian dustakan?

Tidak hanya sebab di sebut dalam Al Quran, buah delima merupakan buah kesukaan Rasul Muhammad, hingga hingga rasul menamakan kecantikan itu semacam buah delima, dalam suatu riwayat mengenai Ibunda dari Aisyah r. a. binti Abubakar Sidiq r. a. yang dipanggil Ummu Rumman. Rumman merupakan sebutan yang digunakan buat mengatakan buah delima.

loading…

Dia merupakan perempuan yang amat menawan jelita serta amat cerdas ceria putra- putrinya di jalan Allah. Rasulullah SAW berfirman,“ Barangsiapa yang mau memandang wanita bidadari kayangan, harusnya memandang Ummu Ruman.”

6. Buah Jamur

Tumbuhan jamur yang jadi salah satu kesukaan Rasulullah pastinya bukan jamur tiram semacam yang terdapat di Indonesia, sebab nyata dengan cara iklim akan sulit berkembang di wilayah arab. Jamur yang digemari Rasulullah merupakan Jamur Petir, yang cuma berkembang di dikala masa hujan serta banyak petir. Jamur ini tidak seperti jamur jamur yang kerap kita jumpai, tetapi wujudnya mendekati umbi yang berkembang di batang batang tumbuhan, rasulullah menamakannya Al Kamah.

Dikala itu tidak terdapat seorangpun yang ingin makan jamur ini, tetapi Rasulullah mengkonsumsinya. Di dalam suatu hadist Rasulullah berkata kalau tumbuhan ini mempunyai khasiat selaku obat mata.

Dalam Konferensi Internasional Kedokteran Islam di Kuwait terbongkar, al- kamah efisien buat menanggulangi trakoma, salah satu penyakit peradangan pada mata. Penyakit ini diakibatkan kuman.

Tidak hanya itu ekstrak air Al Kamah bisa menghindari terbentuknya pembuatan jaringan ikat ataupun fibrosis pada penyakit trakoma. Bisa jadi, perihal itu terjalin akibat nettralisasi dampak kimiawi racun- racun bakteri pemicu trakom serta minimalisasi bertambahnya penimbunan sel.

Al- kamah pula banyak akan protein. Isi lain yang tercantum dalam jamur ini merupakan fosfor, potasium, sodium, kalsium, serta vitami B12. Sehingga bisa menyembuhkan kuku lemah, bibir pecah serta gangguaa pandangan.

7. Buah Zaitun

Siapa yang belum sempat mengikuti julukan buah ini? mencermatinya pasti kerap, tetapi memandang wujudnya bisa jadi banyak yang belum sempat ketahui sebab tumbuhan ini memanglah tidak dibudidayakan di Indonesia.

Tidak diragukan lagi buah zaitun amat berguna untuk badan. Buah ini mempunyai banyak khasiat, tidak cuma buat kesehatan tetapi pula kecantikan. Buah ini banyak dipakai dikala telah diolah terutama jadi minyak zaitun.

Minyak Zaitun dipercayai memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Minyak yang diketahui dengan Olive Oil ini juga ialah salah satu yang direkomendasikan Rasul Muhammad SAW buat penyembuhan.

Di dalam hadist sempat dituturkan oleh Rasulullah dari Abu Usaid bin Tsabit Al Anshari radhiallahu’ anhu, Rasul Shallallahu’ alaihi wa sallam bersabda:

“ Jadikanlah Zaitun selaku idam( santapan ajudan) serta minyakilah rambut dengan Zaitun. Sebab dia dari tumbuhan yang berkah”( HR. Ibnu Majah no. 2698, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Sebagian periset sudah meyakinkan kalau jumlah asam lemak dalam minyak zaitun amat kecil serta cuma memiliki lemak tidak jenuh. Seperti itu penyebabnya kenapa minyak zaitun amat segar. Karena, minyak zaitun leluasa dari zat- zat yang menimbulkan arteriosklerosis apalagi oklusi nadi( penyumbatan pembuluh nadi, aorta). Mulailah komsumsi minyak zaitun, tidak hanya buat kesehatan pasti sebab keberkahan dari buah ini sudah dituturkan oleh Rasul Sholollohualaihiwasalam.

8. Buah Semangka

Buah satu ini kerap kita mengkonsumsi selaku buah pencuci mulut. Terlebih dikala masa panas, meminum juice buah semangka hendak terasa fresh serta nikmat sekali. Gimana Rasul Sholollohu alaihiwasalam menggemari buah ini?

Dituturkan oleh Al- Thabrani dalam buku Al- Mu’ jam Al- Ausath, pula Al- Hakim kalau Anas r. a. mengatakan,“ Rasulullah‎ﷺ mengambil kurma masak itu dengan tangan kanan serta semangka dengan tangan kiri. Dia kemudian memakan kurma serta pula semangka, yang ialah buah yang sangat dia gemari”.( Hadits ini disahihkan oleh Al Suyuthi).

Semangka memanglah salah satu saran terbaik buat kesehatan yang diserahkan Rasul SAW pada kita. Buah ini salah satu dari sedikit buah serta sayur- mayur yang banyak hendak vit C serta Beta- Karoten.

9. Buah Ara ( At- Tin )

Buah ini malahan sebagai sebuah surah dalam Al- Quran, ialah Surah At- Tin. Sementara itu buah ini sendiri tidak berkembang di wilayah Hijaz Arab. Tumbuhan ini berawal dari Asia Barat.

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra.“ Rasulullah sudah diberi hadiah satu wadah buah tin, setelah itu Rasul Bersabda,‘ Makanlah!’ Kemudian dia juga menyantapnya serta mengatakan,‘ Bila anda mengatakan,‘ terdapat buah yang diturunkan dari surga,’ hingga saya dapat katakan,‘ inilah buahnya, sebab sebetulnya buah kayangan tanpa bulir.‘ Oleh sebab itu, makanlah, sebab buah tin ini bisa memulihkan ambeien serta kaku.”

10. Daging Kambing

Masakan daging yang disenangi Rasulullah adalah daging bagian kaki dan paha kambing. Rasulullah juga sangat menggemari daging kambing, khususnya bagian lengan atau kaki depan dan pahanya.

Menurut hadits yang diriwayatkan Bukhari dari Qadhi Iyadh,  Rasulullah menyukai daging bagian kaki dan paha karena bagian itu aromanya yang khas, rasanya yang manis, dan jauh dari tempat berbahaya.

Itulah, 10 makanan dan minuman yang disukai Nabi Muhammad SAW, rosulullah . Makanan dan minuman tersebut, sekarang ini juga dijual di pasaran Indonesia, baik di marketplace maupun di mall mall di penjuru tanah air.

Pos terkait