Wow! TNI AU Gandeng Turki, Tambah 2 Skuadron Anka Canggih!

Wow! TNI AU Gandeng Turki, Tambah 2 Skuadron Anka Canggih!
Wow! TNI AU Gandeng Turki, Tambah 2 Skuadron Anka Canggih!

MEMO

TNI Angkatan Udara (TNI AU) telah menandatangani kontrak dengan Turkish Aerospace untuk menambah dua skuadron Anka, pesawat nirawak yang memiliki beragam spesifikasi canggih. Langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap arahan Presiden Joko Widodo untuk beradaptasi dengan cepat terhadap kemajuan teknologi dalam sistem pertahanan dan keamanan.

Bacaan Lainnya

Langkah Strategis TNI AU dalam Memperkuat Pertahanan Nasional

TNI Angkatan Udara (TNI AU) akan menambah dua skuadron Anka yang didatangkan dari Turki. Pertanyaannya, apa saja spesifikasinya?

Akun Instagram Kementerian Pertahanan menjelaskan bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan Turkish Aerospace untuk pembelian 12 unit pesawat Anka. Langkah ini diambil sebagai tanggapan terhadap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar beradaptasi dengan cepat terhadap kemajuan teknologi dalam sistem pertahanan dan keamanan.

“Sejalan dengan penekanan dari Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto @prabowo bersama timnya, beberapa waktu lalu telah melakukan penandatanganan kontrak dengan Turkish Aerospace, untuk pembelian 12 unit pesawat nirawak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) ANKA,” demikian ungkap akun tersebut pada Senin (4/3/2024).

Pesawat Nirawak Canggih dengan Spesifikasi Terkini

Dari kesepakatan tersebut, enam pesawat akan dirakit di dalam negeri, sementara sisanya akan dikirim dalam waktu 32 bulan setelah kontrak berlaku.

“Dari total 12 unit, 6 di antaranya akan dirakit di Indonesia, dan pengiriman akan dilakukan 32 bulan setelah kontrak berlaku,” tambah pihak Kementerian.

Dalam postingan tersebut juga disertakan video mengenai penampakan Anka, serta berbagai spesifikasi drone tersebut.

Salah satunya adalah dimensi fisik Anka. Drone ini memiliki panjang 8,6 meter dan lebar 17,5 meter.

Pos terkait