Wirausaha Kecil Berbasis Rumah Tidak Tersentuh oleh Kecanggihan Kecerdasan Buatan

8 jenis bisnis kecil yang tetap bertahan dan tidak tersentuh oleh kecanggihan AI

Memo.co.id

Hidup sebagai wirausaha kecil di era digital ini bukanlah hal yang mudah. Berbagai macam teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI) mampu menggantikan pekerjaan manusia dan memengaruhi bisnis kecil.

Bacaan Lainnya

Robot buatan, di era sekarang menjadi momok bagi bisnis yang sudah mengorganisir beberapa unit usaha dan karyawan cukup banyak. Dengan jumlah karyawan banyak, kehadiran robot buatan atau artificial intelengence/ kecerdasan buatan, akan mengancam keberadaan karyawan.

Dengan mengganti karyawan dengan teknologi AI, akan menjadi masalah baru dalam berhubungan antara oner dengan karyawan. Setidaknya, hubungannya akan mengancam keberlangsungan usaha.

8 jenis bisnis kecil yang tetap bertahan dan tidak tersentuh oleh kecanggihan AI

Terdapat 8 jenis bisnis kecil berbasis rumah yang tetap bertahan dan tidak tersentuh oleh kecanggihan AI. Dalam sebuah video terbaru dari Success Before 30, channel YouTube yang fokus pada kesuksesan wirausaha dan pendidikan keuangan, membahas 8 jenis bisnis tersebut.

Sungguh menyedihkan melihat para pengusaha kecil Indonesia yang berjuang mengelola bisnis dari rumah menghadapi tantangan yang besar akibat perkembangan cepat kecerdasan buatan (AI).

Namun, ada delapan jenis bisnis berbasis rumah yang akan tetap tangguh dan tahan terhadap AI. Dalam sebuah video terbaru dari saluran YouTube yang fokus pada kesuksesan kewirausahaan dan pendidikan keuangan, dibahas delapan jenis bisnis ini.

Bisnis makanan dan minuman

Jenis bisnis pertama adalah makanan dan minuman. Tidak peduli seberapa majunya AI, manusia selalu akan membutuhkan makanan dan minuman.

Oleh karena itu, bisnis berbasis rumah yang menawarkan jasa katering atau menjual makanan pada platform pengiriman seperti GoFood dan GrabFood kemungkinan besar akan tetap bertahan.

Bisnis Jasa Layanan laundry

Jenis bisnis kedua adalah jasa laundry. Layanan laundry sangat populer terutama di asrama mahasiswa, kos-kosan, hotel, dan daerah wisata.

Permintaan untuk jasa laundry terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk dan gaya hidup yang sibuk, menjadikannya bisnis yang stabil.

Bisnis Kursus online dan program pelatihan

Jenis bisnis ketiga adalah kursus online dan program pelatihan. Banyak orang tertarik untuk belajar keterampilan baru, dan kursus online semakin populer.

Pos terkait