Terobosan Terkini! Ibu Kota ‘Nusantara’ Siap Terapkan 5G Canggih!

Terobosan Terkini! Ibu Kota 'Nusantara' Siap Terapkan 5G Canggih!
Terobosan Terkini! Ibu Kota 'Nusantara' Siap Terapkan 5G Canggih!

MEMO

Ibu Kota Negara ‘Nusantara’ tengah mempersiapkan terobosan teknologi mutakhir, mulai dari jaringan 5G hingga rencana taksi udara. Menjadi sorotan utama dalam transformasi teknologi, penerapan 5G di semua sektor serta rencana taksi udara menjadi sorotan, membawa harapan akan masa depan yang terkoneksi dan inovatif.

Bacaan Lainnya

Transformasi Ibu Kota ‘Nusantara’ Menuju Kota Pintar Berbasis 5G

Ibu Kota Negara (IKN) ‘Nusantara’ akan dilengkapi dengan serangkaian teknologi mutakhir, mulai dari penerapan jaringan 5G hingga rencana kehadiran taksi udara. Menurut Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, IKN akan didukung oleh jaringan 5G. Hal ini karena Nusantara akan mengadopsi konsep smart city atau kota pintar.

Budi menyatakan, “Penting bagi IKN untuk memiliki jaringan 5G karena jika kita ingin menjadi kota pintar, kita tidak bisa hanya mengandalkan kecepatan internet 50 Mbps. Tanpa 5G, hal tersebut tidak akan mencerminkan kecerdasan kota.”

Penerapan jaringan 5G akan meliputi seluruh sektor, termasuk pemerintahan, lembaga pendidikan, layanan kesehatan, serta transportasi di IKN yang akan menggunakan internet berkecepatan tinggi.

Budi menjelaskan bahwa proses penerapan jaringan 5G sedang dilakukan secara bersamaan di berbagai sektor di IKN. Namun, dia belum memberikan detail secara spesifik mengenai kapan internet berkecepatan tinggi tersebut akan beroperasi secara penuh.

5G dan Taksi Udara: Visi Teknologi Terkini di Ibu Kota ‘Nusantara’

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, mengungkapkan rencana adanya taksi udara di IKN. Saat ini, moda transportasi ini sedang dalam tahap proof-of-concept atau tahap uji coba bersama dengan perusahaan Hyundai.

Pos terkait