Skandal Rumput Piala Dunia U-17 Terungkap! FIFA Memberikan Penilaian…

Skandal Rumput Piala Dunia U-17 Terungkap! FIFA Memberikan Penilaian...
Skandal Rumput Piala Dunia U-17 Terungkap! FIFA Memberikan Penilaian...

MEMO

Pada Piala Dunia U-17 2023, FIFA memberikan penilaian positif terhadap kondisi lapangan Jakarta International Stadium (JIS) yang sebelumnya menjadi sorotan. Uji coba internasional dan jenis rumput Zoysia menjadi fokus utama dalam memastikan standar optimal stadion. Bagaimana respons FIFA terhadap kritik warganet terhadap rumput stadion ini?

Bacaan Lainnya

Jakarta International Stadium (JIS) Dapat Evaluasi Positif dari FIFA

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memberikan tanggapannya terkait perdebatan yang terjadi di sekitar keadaan lapangan di Jakarta International Stadium (JIS) selama Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung baru-baru ini.

Dalam pernyataannya yang dikutip dari situs resmi PSSI, FIFA menyatakan bahwa JIS telah melaksanakan uji coba dengan sangat baik untuk mencapai standar internasional yang optimal.

Semua tim yang berkompetisi di empat stadion Piala Dunia U-17 2023 menyatakan kepuasan mereka atas kualitas lapangan di stadion dan fasilitas latihan. FIFA bahkan mengakui kepuasannya terhadap upaya PSSI dan Pemerintah Indonesia dalam melakukan renovasi stadion, termasuk JIS.

“FIFA menyatakan bahwa sejak JIS terpilih sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17, PSSI dan Kementerian PUPR telah melakukan kerja keras untuk meningkatkan kualitas stadion dan memenuhi standar minimum yang dibutuhkan untuk turnamen resmi FIFA,” ungkap FIFA dalam pernyataannya pada hari Selasa, tanggal 14 November 2023.

Selain JIS, tiga stadion lain yang menjadi tuan rumah pertandingan, seperti Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya, Jawa Timur), Stadion Jalak Harupat (Bandung, Jawa Barat), dan Stadion Manahan (Solo, Jawa Tengah), juga dinilai sesuai dengan standar internasional dalam turnamen sepak bola.

FIFA mengungkapkan bahwa jenis rumput yang digunakan di lapangan stadion tersebut adalah Zoysia. Menurut Senior Pitch Management FIFA, Alan Ferguson, kualitas rumput Zoysia yang tumbuh di daerah tropis terbukti sangat baik meskipun menghadapi kondisi kelembapan dan curah hujan.

Ferguson menyatakan bahwa penggunaan rumput Zoysia menjadi sebuah tantangan tersendiri selama Piala Dunia U-17 2023, terutama saat musim hujan yang memengaruhi tingkat kelembapan lapangan.

“Namun, semuanya telah dikelola dengan baik dengan gangguan minimal. Perawatan lapangan, peralatan pemotong rumput, dan penggunaan peralatan profesional merupakan hal baru di Indonesia,” kata Ferguson.

“Dalam pandangan saya, ini tidak hanya memberikan tempat yang baik untuk turnamen yang luar biasa, tetapi juga memberikan warisan yang luar biasa,” tambahnya.

Evaluasi Kualitas Rumput dan Respon FIFA terhadap Kritik JIS dalam Piala Dunia U-17 2023

Menurut informasi dari PSSI hingga tanggal 9 Oktober 2023, rumput Zoysia yang digunakan di JIS berasal langsung dari Universitas Pelita Harapan (UPH). Proses penggantian lapangan juga diawasi dengan ketat oleh tim manajemen lapangan FIFA yang melakukan pengecekan kualitas setiap hari.

Pos terkait