Selebriti dan Perusahaan Terkenal Jadi Korban Peretasan TikTok Zero-Day!

Selebriti dan Perusahaan Terkenal Jadi Korban Peretasan TikTok Zero-Day!
Selebriti dan Perusahaan Terkenal Jadi Korban Peretasan TikTok Zero-Day!

MEMO

Sejumlah akun TikTok milik selebriti dan perusahaan teknologi dilaporkan menjadi korban peretasan melalui teknik zero-day exploit yang memanfaatkan pesan langsung (DM) di TikTok. Akun milik Paris Hilton, Sony, dan CNN termasuk di antara yang terdampak, dengan modus peretasan yang hanya memerlukan pembukaan pesan DM oleh korban. TikTok telah mengambil langkah-langkah keamanan untuk mengatasi dan mencegah serangan di masa mendatang, serta bekerja sama dengan para korban untuk memulihkan akses akun mereka.

Bacaan Lainnya

Akun Paris Hilton, Sony, dan CNN Diretas Melalui Pesan DM TikTok

Beberapa akun TikTok milik selebriti dan perusahaan teknologi dilaporkan telah diretas melalui teknik zero-day exploit yang memanfaatkan pesan langsung (DM) di TikTok. Berikut adalah fakta-fakta terkait serangan tersebut.

Akun-akun yang menjadi korban peretasan ini antara lain milik selebriti Paris Hilton, perusahaan hiburan besar Sony, dan CNN. Namun, jumlah pasti akun yang terdampak akibat peretasan melalui DM TikTok ini masih belum jelas.

Peretasan ini dilakukan dengan mengirimkan pesan langsung (Direct Message) yang tidak memerlukan pengunduhan, klik, atau respons apapun dari korban. Cukup dengan membuka pesan tersebut, peretas bisa mengakses akun korban.

“Tim keamanan kami telah menyadari potensi eksploitasi yang menargetkan sejumlah akun milik merek dan selebriti. Kami telah mengambil tindakan untuk menghentikan serangan ini dan mencegahnya terjadi lagi di masa mendatang,” ujar juru bicara TikTok, Alex Haurek, pada Rabu (5/6), dikutip dari The Verge.

TikTok juga menyatakan akan bekerja sama dengan para pemilik akun yang terkena dampak peretasan DM ini untuk memulihkan akunnya.

“Kami bekerja sama secara langsung dengan pemilik akun yang terkena dampak untuk memulihkan akses, jika diperlukan,” tambah Haurek.

Jason Grosse, juru bicara tim privasi dan keamanan TikTok, menjelaskan bahwa akun Paris Hilton menjadi sasaran namun tidak berhasil dibajak, sementara akun CNN berhasil diretas.

Grosse mengatakan pihaknya sedang berusaha untuk mengembalikan akun CNN agar aktif dan berfungsi kembali serta melindungi perusahaan media tersebut dari serangan lebih lanjut dengan “langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan.”

Tindakan TikTok dalam Mengatasi dan Mencegah Serangan Zero-Day Exploit

Namun, Grosse tidak mengungkapkan jumlah pasti akun yang terkena dampak serangan ini. Dia hanya menyebutkan bahwa penyelidikan menunjukkan serangan tersebut menargetkan sejumlah kecil akun terkenal, sehingga pengguna biasa (non-seleb) kemungkinan besar tidak akan menjadi sasaran.

Pos terkait