Lima Ketrampilan Yang Harus Dimiliki Owner Bisnis Saat Awal Memulai Usaha

  • Whatsapp
Ketrampilan ketrampilan yang hjarus dimiliki oleh pemilik bisnis sejak memulai usaha
Ketrampilan ketrampilan yang hjarus dimiliki oleh pemilik bisnis sejak memulai usaha

Memo.co.id
Owner/ pemilik bisnis itu seperti nahkoda kapal. Kapal bisa berlayar atau tidak, tergantung nahkodanya. Ada banyak tantangan, yang dihadapi ketika kapal harus berlayar. Ada pula sejumlah ketrampilan atau keahlian yang harus dimiliki oleh sang nahkoda kapal.

Dalam menjalankan roda bisnis, sama hal nya ketika nahkoda melayarkan kapalnya di tengah samudra. Pemilik bisnis harus memiliki ketrampilan yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis agar suvive di tengah persaingan dan ditengah pertumbuhan.

Bacaan Lainnya

Tantangan pasti datang, vahkan silih berganti. Anggap itu dinamika dalam berwirausaha. Proses menjadi sesuai yang paling mahal dan berharga dalam perjalanan bisnis seseorang. Terutama bagi pebisnis pemula yang baru saja menjalankan bisnisnya.

Beberapa ketrampilan atau keahlian ini, setidaknya garus dimiliki para pemilik bisnis, jika memulai bisnisnya di tengah persaingan dengan pebisnis lain. Memo memiliki lima catatan penting, yang harus dimiliki pebisnis, agar gelombang yang menerjang dan tantangan yang menghadang bisa dihadapi dengan seksama.

Pertama, Kemampuan Perencanaan Bisnis

Sebelum menjalankan bisnis, pemimpin bisnis pasti tahu apa saja yang akan dicapai dan dijalankan. Selain itu, pebisnis jug pasti menghetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menuju capaian capaian tersebut. Kasrena itulah, perencanaan matang, planong bisnis harys benar- benar matang.

Owber, harus memiliki inovasi dan kreatifitaas dalam menjalankan bisnis untuk mencapai apa yang direncanakan. Melakukan explorasi habis habisan, untuk menjalankan ide bisnisnya. Terkadang juha harus berpikir out of the box, agar bisnis bisa berjalan sesuai tujuan yang dicapai.

Goal adalah sasaran yang dibidik. Pemikiran oit of the box, bukan sekedar pembeda saja, dibanding dengan pesaingnya. Melainkan, kreatifitas dan inovasi untuk mewujudkan sesuatu yang haris dicapai. Goal yang dituju, serta cita cita yang harus diwujudkan.

Kedua, Kemampuan dalam Pengambilan Keputusan

Perencanaan bisnis harus diikuti dengan kemampuan dalam pengambilan keputusan. Sebagai pemilik yang menjalankan bisnis dan memulai usaha, setiap momen momen penting harus dipiutuskan secara tegas dan berdasar manfaat dan kemajuan dalam menjalankan usahanya. Langkah pengambilan keputusan harus tepat sasaran, hiungga tidak merugikan perusahaan rintisan.

loading…

Sebagai konskuensi pengambilan keputusan yang tepat, harus memiliki analisa yang tepat pula. Setiap momen atau kejadian kejadian penting dalam berbisnis harus dianalisa secara cermat, sebagai bahan keputusan . Oleh karenanya, penting untuk selalu mengasah kemampuan observasi dan daya berpikir kritis.

Ketiga, Ketrampilan Berkomunikasi

Komunikasi merupakan skill yang sangat penting dalam berbisnis. Komunikasi yang benar, saat lawan bicara berhasil mencerna apa yang kita sampaikan. Sejak memulai usaha, komunikasi menjadi saraba effektif untuk menyampaikan tentang bisnis kita.

Ketika memiluki rencana bisnis, secara tidak langsung, kita akan mempersiapkan apa saja yang perlu dikomunikasikan ke teman , sahabat dan relabis bisnis. Sangat disyangkan bila apa yang kita sampaikan ternyata gagal diterima oleh rekan bisnis kita.

Ada kalanya, komunikasi dalam bentuk tulisan juga menjadi effektif disampaikan. Tidak setiap trekan bisnis visa dikomunikasikan dengan isan, kadang juga tulisan.

Keempat, Ketrampilan Memanfaatkan penggunaan teknologi

Teknologi telah membantu banyak hal, termasuk untuk kegiatan-kegiatan dalam berbisnis. Misalnya saja, saat ini jika kita mempromosikan bisnis secara online, bisnis kita pun akan makin dikenal masyarakat. Oleh karenanya, penting sekali untuk menjadi pebisnis yang melek teknologi.

Kelima, Ketrampilan Memecahkan Masalah

Untuk dapat memecahkan masalah, kita harus merumuskan berbagai alternatif yang bisa dijadikan solusi. Namun, tidak hanya mencari solusi saja yang perlu diasah, bagaimana kita memahami masalah pun perlu diasah.

Setiap pebisnis perlu untuk mengamati baik-baik permasalahan yang ia hadapi. Tidak usah tergesa-gesa untuk menyimpulkan permasalahan, lakukanlah analisis yang cermat. Cobalah untuk mencari akar dari permasalahan tersebut. Dengan demikian, Anda pun mampu merancang solusi yang tepat untuk mengatasinya. ( ed )

Pos terkait