Kisah Inspiratif, Modal Rp 5 Juta Berubah Jadi Ekspor Global!

Kisah Inspiratif, Modal Rp 5 Juta Berubah Jadi Ekspor Global!
Kisah Inspiratif, Modal Rp 5 Juta Berubah Jadi Ekspor Global!

MEMO

Usaha berbasis bahan lokal kini semakin menunjukkan gaungnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu contoh sukses adalah bisnis anyaman rotan milik Misriwati, seorang nasabah BRI yang tinggal di Lowokwaru, Kota Malang. Dengan modal awal Rp 5 juta dan pengalaman kerja di perusahaan Amerika Serikat, Misriwati berhasil mengembangkan usaha bernama Dona Doni Rattan hingga menembus pasar global, meskipun sempat terdampak krisis ekonomi.

Bacaan Lainnya

Rahasia Kesuksesan Bisnis Rotan Milik Misriwati yang Luar Biasa

Produk usaha berbasis bahan lokal kini semakin bersinar, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di kancah internasional. Salah satu contoh nyata adalah usaha kayu rotan milik Misriwati, seorang nasabah BRI yang tinggal di Lowokwaru, Kota Malang. Misriwati memulai usahanya dengan modal awal sebesar Rp 5 juta. Sebelum merintis bisnis sendiri, pada tahun 1998, ia sempat bekerja di sebuah perusahaan Amerika Serikat. Di sana, ia memperoleh banyak pengetahuan tentang cara mengolah besi, metal, dan rotan menjadi barang-barang siap pakai.

Lima tahun kemudian, perempuan asal Malang ini memutuskan untuk merintis bisnis anyaman rotannya sendiri, yang diberi nama Dona Doni Rattan. Ia merasa sangat beruntung karena bahan baku rotan dapat diperoleh dari sisa-sisa bahan di perusahaan tempatnya bekerja dahulu.

“Dari uang modal tersebut, saya membeli bahan baku besi dan membayar upah untuk lima karyawan,” ujar Misriwati, dikutip pada Jumat (7/6/2024).

Namun, di tengah perjalanan bisnisnya, pada tahun 2008, krisis ekonomi melanda. Kejadian tersebut sempat mengguncang bisnis rotan Misriwati, sehingga ia terpaksa menghentikan ekspor dan mengalami kerugian sebesar Rp500 juta.

Di tengah ketidakpastian tersebut, Misriwati mendapat bantuan pinjaman dari BRI. “Ketika saya merugi dan aset saya disita, BRI membantu saya dengan pinjaman Rp150 juta untuk membangun rumah produksi bagi bisnis saya,” ungkapnya.

Pinjaman berbentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI ini digunakan untuk mendirikan rumah produksi Dona Doni Rattan di Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Inovasi dan Dukungan BRI Memacu Pertumbuhan

Misriwati mengaku bahwa KUR BRI sangat mendukung kelangsungan usaha Dona Doni Rattan. Ia pun aktif sebagai ketua klaster BRI di daerahnya, mengajak masyarakat untuk berbisnis dengan memanfaatkan KUR BRI.

Pos terkait