Hari Ibu, Ini Do’a Terbaik Untuk Orangtua Agar Kita Berlimpah Kasih Sayang

  • Whatsapp
Ada salah satu ungkapan rasa kasih sayang yang wajib dikerjakan, setidaknya saat Hari Ibu berlangsung, yaitu mendoakan mereka agar selalu mendapat kebaikan.
Ada salah satu ungkapan rasa kasih sayang yang wajib dikerjakan, setidaknya saat Hari Ibu berlangsung, yaitu mendoakan mereka agar selalu mendapat kebaikan.

Memo.co.id |

Hari ibu, matahari terus bersinar menerangi bumi. Kasih sayang yang diperoleh semua ummat manusia, tak lepas dari kasih sayang yang diberikan ibu ke anak-anaknya. Tak pernah lekang oleh waktu. Dalam kondisi apapun, ibu selalu memberikan rasa kasih dan sayang tanpa pamrih apapun.

Bacaan Lainnya

Tanggal 22 Desember inji, peringatan Hari Ibu tertuang dalam Keputusan Presiden Indonesia bernomor 316 / 1959. Momen pengesahan peraturan Presiden tersebut bentuk momentum memperingati semangat wanita Indonesia sebagai rasa nasionalisme meningkatkan kesadfaran berbangsa dan bernegara.

Hingga sekarang, tiap tanggal 22 Desember, diperingati Hari Ibu. Ada salah satu ungkapan rasa kasih sayang yang wajib dikerjakan, setidaknya saat Hari Ibu berlangsung, yaitu mendoakan mereka agar selalu mendapat kebaikan. Beberapa bentuk peringatan yang serting dilakukan oleh masayarakat, diantaranya ayah menggantikan perannya memasak pada peringatan hari ibu tersebut.

Namun, ada beberapa kelompok masyarakat yang juga melakukan kegiatan dan even even tertentu, dalam rangka memperingati hari ibu tersebut. Sebelum masa pandemi ini, banyak event lomba memasak dan berbagai event lainnya, sebagai upaya mengenang jasa seorang ibu.

Dalam agama Islam, ada doa yang ditujukan khusus kepada orang tua. Bagi kalangan tertentu, bacaan do’a selalu dilakukan dalam rangka momentum Hari Ibu. Banyak jenis doa, baik yang banyak dilakukan oleh Rasulullah, atau doa yang termaktub dalam Al Qur’an. Doa – doa tersebut harus dan wajib diamalkan, sebagai perwujudan rasa teriumakasih dan rasa kasih sayang pada ibu yang telah melahirkan kita.

Kegiatan relegiusitas di hari ibu, dengan keutamaannya termaktub dalam Al Qur’an, surat Al-A’raf ayat 55 hingga ayat 56. “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Berikut ini, beberapa do’a terbaik yang Anda amalkan di saat momen momen tertentu, apalagi moment hari Ibu , hari ini.

1. Doa Agar Orangtua Disayangi

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”

2. Doa Mohon Ampunan Dosa Orangtua

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro.

Arti doa ini yaitu : “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil,aku kecil.”

3. Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

4. Doa Agar Ibu Selalu Bahagia

اللهم أسعد امي كما أسعد تني كبيرا

Allahumma as’ad ummi kamaa as’adatni kabiira

Artinya : “Ya Allah, gembirakanlah ibuku sebagaimana ibuku sangat-sangat menggembirakan aku.”

اللهم أجعل أمي من الذين لا خوف عليهم و لا هم يحزنون وأكرمنا باالفردوس الأعلى من الجنة

Allahummaj’al ummi minalladziina la khaufu a’laihim wa lahum yahzanuun wa akrimnaa bil firdausil a’la minal jannati

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah ibuku dari golongan mereka yang tidak takut dan tidak bersedih hati dan tempatkanlah kami di dalam syurga firdaus yaitu surga yang paling tinggi.”

اللهم تقبل من أمي أعما لها صغير ها و كبيرها

Allahumma taqobbal min ummi a’maaluha soghiiraha wa kabiiraha

Artinya : “Ya Allah, terimalah segala amalan ibuku sekecil-kecilnya dan sebesar-besarnya.”

Pos terkait