Fadhilah Perbanyak Sholawat Saat Jumat Ketiga Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
memperbanyak bacaan sholawat di hari jumat
memperbanyak bacaan sholawat di hari jumat

Memo.co.id

Tak terasa kita telah memasuki hari ke-18 Ramadhan bertepatan dengan Jumat yang ketiga (30/4/2021). Di bulan Ramadhan biasanya kaum muslimin menyibukkan diri dengan tilawah Al-Qur’an, tadarusan dan ibadah Qiyam sembari menjalankan puasa.

Bacaan Lainnya

Semua amalan itu tentu sangat baik bahkan sangat dianjurkan. Akan tetapi ada satu amalan yang pahala dan fadhillah sangat dahsyat apabila dihidupkan pada malam dan hari Jumat. Amalan yang dimaksud adalah Sholawat.

Sholawat (صلوات‎) adalah jamak dari kata sholat yang berarti doa. Inilah sebaik-baik amalan di Hari Jumat. Dalam risalah yang berjudul Al-Lum’ah fi Khasha’ishil Jumuah, Imam Jalaludin As-Suyuthi memasukkan amalan memperbanyak sholawat nabi sebagai salah satu kekhususan hari Jumat.

Bahkan ketika menjelaskan topik ini Imam As-Suyuthi tampak memaparkannya agak lebih panjang dengan menyajikan banyak hadits-hadits ketimbang saat menjelaskan kebanyakan kekhususan amalan lainnya yang umumnya diutarakan hanya oleh satu-dua hadits saja.

Al-Hafizh As-Suyuthi menyebutkan beberapa hadits yang menunjukkan betapa besar keutamaan memperbanyak sholawat pada hari Jumat, di antaranya adalah:

Diriwayatkan dari Aus bin Aus, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ان من افضل ايامكم يوم الجمعة فيه خلق ادم و فيه قبض وفيه النفخة وفيه الصعقة فاكثروا من الصلاة علي فيه فان صلاتكم معروضة علي

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah Hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah membaca sholawat kepadaku pada hari Jumat, karena sholawat kalian akan dipersembahkan kepadaku”.

Dari Abi Umamah Rasulullah bersabda:

اكثروا من االصلاة علي فى كل يوم جمعة فمن كان اكثرهم علي صلاة كان اقربهم منزلة

“Perbanyaklah kalian membaca sholawat kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak membaca sholawat atasku, maka dia paling dekat kepadaku kedudukannya.”

Dari Anas Rasulullah bersabda:

من صلى علي في يوم الجمعة الف مرة لم يمت حتى يرى مقعده فى الجنة

“Barang siapa membaca sholawat atasku pada hari Jumat seribu kali, maka ia tidak mati kecuali akan diperlihatkan kedudukannya di surga.”

Kemudian dari Abi Hurairah, Rasulullah bersabda:

اكثروا من الصلاة علي فى اليلة الزهراء واليوم الازهر فان صلاتكم تعرض علي

“Perbanyaklah kalian membaca sholawat atasku pada malam bercahaya dan hari berkilauan karena sesungguhnya shalawat kalian akan disampaikan padaku.”

5 Fadhilah Memperbanyak Bacaan Sholawat Pada Hari Jumat

Berdasarkan hadits-hadits yang dipaparkan dalam Kitab Al-Lum’ah fi Khasha’ishil Jumu’ah di atas (belum disebutkan semuanya), keutamaan memperbanyak membaca sholawat pada hari Jumat akan memperoleh fadhillah (keutamaan) bagi yang mengamalkannya adalah meliputi antara lain:
1. Bacaan sholawat pada hari atau malam Jumat tersebut langsung dihadapkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.
2. Yang terbanyak membaca sholawat -khususnya pada hari Jumat- derajat kedudukannya lebih dekat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.
3. Yang mengamalkan membaca sholawat hari Jumat akan ditulis dalam kelompok para Syahid dan mendapatkan syafa’at pada hari kiamat.
4. Dikabulkan hajat-hajatnya, baik kebutuhannya di akhirat maupun di dunia.
5. Pada hari kiamat akan datang bersama Nabi Muhammad dengan wajah bercahaya.

Demikian sekelumit fadhillah sholawat di Hari Jumat. Apalagi saat ini kita berada di bulan yang mulia. Mudah-mudahan Allah memberi kita taufik dan karunia yang melimpah berkat sholawat yang kita baca.

Berikut lafaz sholawat yang dianjurkan pada Hari Jumat. Barangsiapa yang membacanya sholawat ini hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun. (Imam Ibnu An-Nu’man menyebutnya Hadis Hasan).

Berikut Lafaz Sholawatnya:

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ

Allahumma Sholli ‘Alaa Muhammadin ‘Abdika wa Rosulika An-Nabiyyil Ummi.

Artinya:
Ya Allah, limpahkanlah sholawat-Mu kepada Muhammad, hamba, Nabi dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi.

Pos terkait