Destinasi Impian Pelancong Indonesia di Asia Tenggara

Destinasi Impian Pelancong Indonesia di Asia Tenggara
Destinasi Impian Pelancong Indonesia di Asia Tenggara

MEMO

Kenaikan minat pelancong Indonesia dalam menjelajahi negara-negara di Asia Tenggara mencatat pertumbuhan signifikan, dengan Thailand dan Singapura menjadi pilihan utama. Data dari platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan bahwa ada peningkatan sebesar 26% dalam perjalanan dari Indonesia ke destinasi-destinasi di kawasan tersebut.

Bacaan Lainnya

Selain mengeksplorasi tempat baru, pelancong Indonesia juga semakin sadar akan pentingnya perjalanan berkelanjutan, dengan 79% dari mereka menginginkan pengalaman yang lebih ramah lingkungan.

Thailand, Singapura, dan Indonesia Jadi Sorotan Utama

Antusiasme para pelancong Indonesia untuk mengeksplorasi negara-negara di sekitarnya di kawasan Asia Tenggara menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Data yang diungkapkan oleh platform perjalanan digital Agoda menyorot adanya peningkatan sebanyak 26% dalam jumlah perjalanan dari Indonesia ke destinasi-destinasi di Asia Tenggara dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil pencarian akomodasi di Agoda, Thailand menduduki posisi teratas sebagai destinasi utama bagi pelancong Indonesia di kawasan Asia Tenggara, diikuti oleh Singapura, Indonesia sendiri, Filipina, dan Laos.

Hasil survei dari Agoda menunjukkan bahwa para pelancong Indonesia tidak hanya tertarik untuk menjelajahi tempat-tempat baru, tetapi juga semakin peduli dengan pilihan perjalanan yang ramah lingkungan. Sebanyak 79% dari mereka mengungkapkan keinginan untuk melakukan perjalanan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Bagi para pelancong tersebut, faktor-faktor seperti insentif finansial, ketersediaan paket wisata berkelanjutan, dan panduan yang jelas mengenai perjalanan berkelanjutan menjadi hal yang sangat penting dalam memilih destinasi dan kegiatan wisata.

Ketika ditanya mengenai praktik wisata berkelanjutan yang mereka prioritaskan, para pelancong Indonesia menyebutkan bahwa mendukung komunitas lokal dan proyek konservasi (sebesar 29%), aktif dalam daur ulang dan mengurangi limbah (sebesar 19%), serta memilih paket wisata berkelanjutan yang mempromosikan kegiatan dan tur yang berfokus pada konservasi (sebesar 18%) merupakan pilihan utama mereka.

Bagi para pelancong Indonesia yang memperhatikan lingkungan, Agoda menawarkan program Eco Deals yang memberikan diskon hingga 15% untuk akomodasi dan menyumbangkan satu dolar untuk World Wide Fund For Nature (WWF) setiap kali ada pemesanan.

Enric Casals, Wakil Presiden Agoda, mengatakan, “Semakin banyak pelancong Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri, dan program Eco Deals memberikan kesempatan besar bagi mereka tidak hanya untuk mendapatkan pengalaman baru, tetapi juga untuk memberikan dampak positif pada tempat-tempat yang mereka kunjungi.”

“Ada sekitar empat ribu properti yang tersedia di Asia Tenggara. Artinya, akan ada akomodasi Eco Deals yang cocok untuk setiap pelancong Indonesia,” tambahnya.

Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Lokal di Destinasi Pilihan

Berikut adalah daftar destinasi yang paling banyak dicari oleh pelancong Indonesia antara bulan Mei hingga Desember 2024.

Thailand
Thailand menjadi pilihan utama karena Bangkok menawarkan berbagai pengalaman dan kesenangan yang patut dicoba. Di sini, pelancong dapat menjelajahi warung makan jalanan di Yaowarat atau menonton pertunjukan wayang tradisional Thailand di Artist’s House.

Pos terkait