Debat Terakhir! Netizen Terkejut dengan Sentimen Calon Presiden!

Debat Terakhir! Netizen Terkejut dengan Sentimen Calon Presiden!
Debat Terakhir! Netizen Terkejut dengan Sentimen Calon Presiden!

MEMO

Drone Emprit, lembaga analis media sosial, merilis hasil analisis sentimen netizen terhadap debat terakhir calon presiden. Meski ekspektasi netizen mengarah pada saling serang, analisis mengungkapkan kejutan: Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mendapat sentimen positif terbesar, sementara Prabowo Subianto harus berhadapan dengan sentimen negatif yang signifikan.

Bacaan Lainnya

Analisis Sentimen Netizen oleh Drone Emprit

Drone Emprit, sebuah lembaga analis media sosial, mengungkapkan hasil analisisnya mengenai debat terakhir calon presiden pada Minggu (4/2). Menurut Drone Emprit, sentimen netizen terhadap masing-masing calon presiden cenderung paling positif untuk Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, sementara Prabowo Subianto mendapatkan sentimen negatif yang paling besar.

Ismail Fahmi, pendiri Drone Emprit, menyatakan bahwa debat terakhir calon presiden tidak sesuai dengan ekspektasi netizen yang mengira akan ada saling serang. Malah, yang terjadi adalah para calon presiden lebih bersikap ‘cooling down’ dan saling menghormati.

“Dinamikanya seperti saat bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas,” ujar Ismail pada hari Minggu (4/2).

Ismail menjelaskan hasil analisis Drone Emprit terkait sentimen netizen terhadap masing-masing calon presiden. Berdasarkan data yang dia sampaikan, sentimen positif netizen terhadap Anies mencapai 86 persen, sedangkan sentimen negatif sebesar 6 persen, dan netral 8 persen.

Sentimen Netizen yang Mengejutkan!

Sementara itu, Ganjar mendapatkan sentimen positif dari netizen sebesar 72 persen, sentimen negatif 14 persen, dan netral 14 persen.

Adapun Prabowo mendapatkan sentimen netizen yang paling besar dalam bentuk negatif, yaitu sebesar 48 persen, sedangkan sentimen positif mencapai 43 persen, dan sisanya netral sebesar 9 persen.

“Mirip dengan sebelumnya, proporsi sentimen positif paling besar untuk Anies dan Ganjar, sedangkan Prabowo mendapat sentimen negatif paling besar,” jelas Ismail.

Pos terkait