Anies Baswedan Gemparkan Netizen! Program Bansos Plus Bikin Heboh!

Anies Baswedan Gemparkan Netizen! Program Bansos Plus Bikin Heboh!
Anies Baswedan Gemparkan Netizen! Program Bansos Plus Bikin Heboh!

MEMO

Dalam debat terakhir calon presiden (capres), Anies Baswedan memuncaki perbincangan netizen dengan 160.426 mention, menciptakan sentimen positif sebesar 86 persen. Analisis Drone Emprit menyoroti dominasinya dalam percakapan online, terutama terkait program bansos plus.

Bacaan Lainnya

Namun, tidak lepas dari kritik terhadap rencana koalisi dan pelaksanaan program. Simak rangkuman perbincangan dan analisis lengkap dalam artikel ini.

Dominasi Anies dalam Debat Capres Terakhir

Anies Baswedan mendominasi perbincangan netizen sebagai calon presiden (capres) yang paling banyak disebut dalam debat terakhir, dengan sentimen yang mayoritas positif. Drone Emprit, lembaga analisis, mencatat bahwa Anies menerima 160.426 mention (45 persen), menjadi yang paling tinggi di antara calon presiden lainnya.

Prabowo Subianto, sebagai capres nomor urut 2, mendapatkan 100.554 mention (28 persen), diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan 95.276 mention (27 persen).

Grafik Drone Emprit menunjukkan bahwa percakapan terkait Anies terus meningkat konsisten selama debat. Volume percakapan ini mulai dari 36 ribu di awal debat, naik menjadi 41 ribu di tengah, dan mencapai puncak 79 ribu di akhir debat.

Menurut Drone Emprit, Anies juga mendominasi dalam hal sentimen positif, dengan 86 persen netizen memberikan tanggapan positif terhadapnya. Sementara itu, Ganjar mendapatkan 73 persen sentimen positif, dan Prabowo hanya 43 persen.

Konsistensi Sentimen Positif Netizen dan Kritik terhadap Rencana Koalisi

Salah satu topik debat yang memicu sentimen positif adalah program bansos plus untuk rakyat, yang dianggap tidak mewakili kepentingan pribadi. Meskipun terdapat 6 persen sentimen negatif terhadap Anies, jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan sentimen negatif terhadap Prabowo (48 persen) dan Ganjar (14 persen).

Pos terkait