Bayi Baru Lahir Terkena Radang Otak Usai Dicium, Tragis!

Bayi Baru Lahir Terkena Radang Otak Usai Dicium, Tragis!
Bayi Baru Lahir Terkena Radang Otak Usai Dicium, Tragis!

Dilansir dari UNILAD, cerita ini dibagikan sang ibu melalui kanal YouTube Special Books by Special Kids. Dalam video tersebut, sang ibu menjelaskan alasan mengapa orang tua melarang mencium bayi mereka.

Virus Herpes Simplex Encephalitis

Dua minggu setelah ciuman itu, Breelyn mulai mengalami kejang-kejang. Setelah menjalani berbagai pemeriksaan di rumah sakit, Breelyn didiagnosis terinfeksi HSE. Virus ini menyerang cairan otak dan merusak organ tersebut, awalnya menyerang otak bagian kiri Breelyn.

Bacaan Lainnya

Dokter menemukan bahwa 60 persen otak bagian kiri dan 10 persen otak kanan Breelyn mengalami kerusakan. Sekarang, Breelyn sudah berusia 8 tahun, namun dengan kondisi otaknya yang rusak, dokter memperkirakan dia hanya akan bertahan sampai usia remaja.

Infeksi HSE sendiri sangat langka, diperkirakan hanya 1 dari 500 ribu orang di dunia yang terkena setiap tahunnya. Menurut Medscape, infeksi ini menyebabkan disfungsi otak secara umum dan bisa berkembang secara akut.

Pasien HSE bisa mengalami berbagai gejala, mulai dari fisik hingga neurologis. Pada tahap awal, gejala bisa meliputi demam, sakit kepala, kejang, muntah, dan kelelahan, yang kemudian bisa diikuti oleh masalah neurologis seperti kebingungan dan delirium.

Kasus Breelyn ini mengingatkan kita akan pentingnya meminimalkan kontak fisik dengan bayi yang baru lahir, mengingat sistem kekebalan tubuh mereka yang masih lemah dan rentan terhadap infeksi. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh bayi.

Kisah Breelyn: Pentingnya Menjaga Kebersihan dan Keamanan Bayi Baru Lahir

Kisah Breelyn mengajarkan kita betapa pentingnya menjaga kebersihan dan meminimalkan kontak fisik dengan bayi baru lahir. Breelyn yang lahir sehat menjadi korban infeksi virus serius hanya karena ciuman di bibir dari kerabat yang sedang sakit. Virus Herpes simplex encephalitis (HSE) yang menginfeksi Breelyn menyebabkan kerusakan otak yang signifikan, meninggalkan dampak jangka panjang yang akan mempengaruhi hidupnya.

Pos terkait